Cegah Covid -19, Desa Padangin Rutin Disinfektan Fasum

 33 total views,  1 views today

Sekretaris Desa Padangin, Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong, Salida Rahayu, S. Pd

Tanjung, Mercubenua.net – Guna mengantisipasi dan menghentikan penularan virus corona di desanya, Pemerintahan Desa Padangin, Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong rajin melakukan penyemprotan disinfektan ke fasilitas umun (Fasum) desa setempat.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Desa Padangin, Salida Rahayu, S.Pd di Kantor Desa setempat, Rabu (29/4/2020) saat dikonfirmasi wartawan terkait upaya desa dalam pencegahan penyebaran covid -19.

“Biasanya hari Jum’at, kita rutin satu minggu sekali melakukan penyemprotan disinfektan ke fasilitas umum di desa Padangin seperti, Langgar, Pos Kamling dan tempat majelis serta warung milik warga”, ungkap Salida.

Lebih lanjut, ia mengatakan dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat terhadap covid -19 pemdes Padangin telah menyalurkan peralatan perlengkapan cuci tangan dan ribuan masker kepada warganya.

Selain hal itu, Salida melanjutkan pihaknya juga melakukan penjagaan diposko satgas covid -19 di desa setempat.

Dengan upaya demikian Salida berharap Desa Padangin terhindar dari penularan virus corona.

“Semoga Desa Padangin tidak ada orang ODP PDP dan positif covid -19,” harapnya.

Diketahui masih ujar Salida, Pemdes Padangin telah mengalokasikan anggaran dana desa sebesar Rp 85 juta dengan sumber dana APBN dan APBD. “Dana APBD kita ambil dari perjalanan dinas keluar kabupaten dan APBN kita ambil dari pelatihan-pelatiha,” ujar Salida.

Terkait pembagian BLT kepada warga terdampak covid -19, pemdes Padangin akan menambah anggaran alokasi dana desa untuk penanganan covid -19. (din)