Update Covid -19 di Tabalong, Dua Orang Dinyatakan Positif Terpapar Virus Corona

 13 total views,  1 views today

Foto : Istimewa

Tanjung, Mercubenua.net – Sampai Rabu (3/6/2020) kemaren, Bumi Sarabakawa yang sempat nol positif covid -19, kini data positif covid- 19 di Kabupaten Tabalong kembali bertambah dua orang. Hal ini dibenarkan oleh Jubir Gugus Tugas Covid-19, dr Taufiqurrahman Hamdie saat dikonfirmasi awak media.

“Betul, baru saja kita terima konfirmasi ada 2 orang pasien baru yang dinyatakan positif oleh gugus tugas Provinsi Kalimantan Selatan,” katanya.

Lanjut Taufiq kondisi pasien yang merupakan 2 bersaudara tersebut hingga saat ini sangat stabil. Pasien merupakan warga Sukamaju Kecamatan Murung Pudak berjenis kelamin laki laki dan yang perempuan.

“Kondisi keduanya sangat stabil, karena kita sudah melakukan isolasi dari 14 hari yang lalu dan langsung kita swab pada hari pertama dan hasilnya baru keluar hari ini,” jelasnya lagi.

Bahkan tadi malam, Taufiq mengungkapkan pihaknya melakukan swab test untuk konfirmasi kesembuhan keduanya.

“Malam ini rencana kita akan lakukan swab lagi untuk konfirmasi kesembuhannya,” terangnya kemaren malam.

Terkait adanya dugaan penularan dari transmisi lokal, ia menyebut saat ini tidak bisa lagi berdebat terkait penularan transmisi lokal sebab orang bebas keluar masuk setiap kabupaten, sehingga memungkinkan orang keluar masuk bisa menularkan kesetiap kabupaten.

“Saat ini kami masih dalam penyelidikan epidemiologi (penyelidikan yang dilakukan untuk mengenal sifat-sifat penyebab, sumber dan cara penularan),” katanya lagi.

Taufiq menambahkan pihaknya sudah melakukkan pelacakan terhadap keluarganya dan riwayat kontaknya termasuk suami pasien perempuan tekah dilakukan swab.

Ia menghimbau dengan hal ini warga Tabalong wajib meningkatkan kewaspadan serta tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Bumi Sarabakawa. (mercubenua)