Jalan Rusak di Desa Hayup Ditinjau Komisi III DPRD Tabalong

 290 total views,  1 views today

Foto : Istimewa

Tanjung, Mercubenua.net – Komisi 3 DPRD Tabalong meninjau langsung lokasi jalan rusak di Desa Hayup, Kecamatan Haruai, Selasa kemaren, (28/7/2020).

Sebelumnya Anggota Komisi 3 DPRD Tabalong mendapat keluhan dari masyarakat desa setempat terkait rusaknya akses jalan tersebut. Jalan itu merupakan kelewatan angkutan kelapa sawit  PT. Astra Argo Lestari (AAL) dengan jalan kelas III C yang tonasenya hanya mampu menahan beban tidak lebih dari 8 ton.

H. Supoyo, Ketua Komisi III DPRD Tabalong menjelaskan tinjauan tersebut untuk mengetahui secara langsung terkait kondisi jalan yang diadukan sejumlah masyarakat sekitar.

“Hari ini kita melaksanakan kunjungan ke Kecamatan Haruai didampingi Dinas PUPR dan Unsur Muspika dengan kaitan masalah jalan,” kata Supoyo.

Ia menyebutkan kondisi jalan rusak yang ditinjau berada di perbatasan Desa Halong menuju pertigaan (simpang tiga, red) Desa Hayup sepanjang 3 KM memerlukan penanganan yang lebih khusus karena antara tonase beban dengan mutu atau kelas jalan tidak seimbang sehingga jalan cenderung rusak.

Ia juga menyebutkan dari pihak pemeliharaan jalan tersebut belum dilakukan secara maksimal.

Selain jalan tersebut, jalan sepanjang 1 KM dari Desa Hayup menuju Desa Ribang II dan sepanjang 1,5 KM akses jalan lainnya dari Desa Ribang II ke Desa Hayup juga ditinjau oleh Komisi 3 DPRD Tabalong.

Kedua akses jalan tersebut dipinta oleh Komisi 3 DPRD Tabalong untuk dilakukan peningkatan dan pelebaran jalan serta pengerasan jalan.

“Berkaitan dengan jalan Desa Hayup menuju Desa Ribang II sepanjang 1 KM itu tinggal peningkatan dan pelebaran saja, kemudian jalan lainnya di Desa Ribang II ke Desa Hayup perlu pengersana jalan,” terang Supoyo usai meninjau kondisi infrastruktur tersebut.

Diketahui Komisi 3 DPRD Tabalong selain melakukan tinjauan jalan, saat itu juga menggelar pertemuan dengan pihak terkait untuk mencari solusi terhadap penanganan jalan tersebut untuk kedepannya supaya secepatnya bisa terselesaikan. (id/din)