PTSL, Program Sertifikatkan Tanah Masyarakat Secara Gratis

 297 total views,  1 views today

Ilustrasi sertifikat. Foto : Istimewa

Tanjung, Mercubenua.net – Melalui Kantor Pertanahan Kabupaten Tabalong, Pemkab setempat mensertikatkan tanah secara gratis kepada masyarakat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun Anggaran 2020.

Seperti dijelaskan Kepala Kantor Pertanahan Tabalong, Agus Sugiono, Program PTSL sebelumnya dinamai program Prona, namun bedanya PTSL ini adalah program persertifikatan tanah dengan sistem pendaftaran sistematis lengkap dimana setiap jengkal bidang tanah yang ada di desa diukur dan dipetakan. Sementara Prona sistemnya berdasarkan keinginan masyarakat yang mau ikut.

Sementara Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, saat penyerahan 196 sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) desa Mangkusip dan desa Lukbayur, (04/08/2020) lalu, di Halaman Kantor Desa Mangkusip mengatakan pensertifikatan tanah di Kecamatan Tanta ditargetkan 1.213 sertifikat, yang dititik beratkan didua desa yaitu desa Mangkusip dan desa Lukbayur.

Bupati menegaskan Desa Mangkusip dan Luk Bayur ini sejak awal ia minta agar diparioritaskan dengan harapan bisa menjadi pilot project atau contoh di Kecamatan Tanta. Meskipun sampai saat ini realisasinya masih belum mencapai 50 persen.

Ia mengharapkan tiga sampai empat bulan mendatang persertifikatan tanah melalui program PTSL gratis ini bisa tercapai realisasi 100 persen. (mercubenua)