Bersama Tiga Pilar, Camat Banua Lawas Ingatkan Warga Waspada Bencana Banjir

 256 total views,  2 views today

Foto : Istimewa

“Jika air terus meninggi, hubungi instansi terkait dengan penanggulangan bencana seperti Kantor Kepala Desa, Lurah, ataupun Tim Tiga Pilar Kecamatan setempat, insyaallah kita selamat dari Banjir,” ujar Faridudin.

Tanjung, Mercubenua.net – Hujan lebat di Bumi Sarabakawa yang turun beberapa hari ini membuat debit air sungai Tabalong meningkat dan meluap hingga banjir merendam di sejumlah wilayah Kabupaten Tabalong, baik di utara, tengah dan selatan. Misalnya seperti di Kecamatan Bintang Ara, Tanta dan Banua lawas.

Waspada terhadap luapan air sungai Tabalong, Tim Tiga Pilar Kecamatan Banua Lawas, terdiri dari unsur TNI/Polri dan Pemda Tabalong bersama UPBS dan warga setempat bergotong royong mendirikan tenda darurat.

Selain itu, Tim Tiga Pilar Kecamatan Banua Lawas juga terus melakukan terhadap kondisi air dan memberikan himbauan kepada warga setempat untuk memastikan kondisi masyarakat dalam keadaan aman serta dengan cepat bisa memberikan bantuan evakuasi jika sudah tidak memungkinkan.

“Ini merupakan tugas kami dalam membantu masyarakat, tetapi kami imbau masyarakat tetap hati-hati dan waspada,” kata Danramil 06/ Banua Lawas, Kapten Inf Dwi Sabtu tadi, (28/11/2020), saat memantau lokasi banjir di Desa Sei Anyar bersama Camat Banua Lawas, Faridudin beserta unsur Tiga Pilar dan Babinsa.

Sementara selain meminta warga untuk hati-hati, Camat Banua Lawas, Faridudin mengingatkan lima hal harus dilakukan saat menghadapi banjir.

Pertama yaitu menghindari berjalan di dekat saluran air yang berpotensi terseret arus banjir, mematikan arus listrik dalam rumah atau menghubungi pihak PLN untuk mematikan aliran listrik di wilayah yang terendam banjir.

Selain itu, segera mengungsi ke daerah aman atau posko banjir saat genangan air masih bisa dilewati dan mengamankan barang berharga ke tempat tinggi serta menghungi instansi terkait apabila genangan air terus naik.

“Jika air terus meninggi, hubungi instansi terkait dengan penanggulangan bencana seperti Kantor Kepala Desa, Lurah, ataupun Tim Tiga Pilar Kecamatan setempat, insyaallah kita selamat dari Banjir,” ujar Faridudin. (mercubenua)