Tertunda Pandemi Covid -19, Peringatan Anniversary ‘Explore Banua’ Dirangkai Apel Peringatan Hari Pahlawan

 175 total views,  1 views today

“Dengan berkoordinasi ke beberapa pihak, seperti camat, tim gugus tugas, masyarakat desa dan lain sebagainya akhirnya kami mendapatkan izin untuk melaksanakan acara ini,” jelasnya.

Wartawan : Fikry Syahrin

Paringin, Mercubenua.net – Setelah hampir satu tahun gagal terlaksana, akhirnya anniversary (hari jadi) 1 tahun Explore Banua, akhirnya dapat terlaksana, kegiatan dilangsungkan di stadion sepak bola Anang Junait, Desa Lampihong Kiri, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan Sabtu malam (28/11/20) kemaren.

Explore Banua adalah komunitas pencinta alam asal Kecamatan Lampihong, yang sebenarnya telah berdiri atau dibentuk sejak 2016 silam. Hal tersebut diungkapkan oleh ketua Explore Banua yaitu Yadi Doremi.

“Komunitas Explore Banua dibentuk kira pada tanggal 12 Februari 2016 lalu. Karena beberapa tahun terakhir mulai banyak yang bergabung jadi, hari ini kami deklarasikan hari anniversary Explore Banua yang pertama,” tutur Yadi Doremi.

Sebenarnya ujar Yadi, Anniversary ini telah kami rencanakan dari awal tahun lalu tepatnya pada 12-13 Februari 2020 lalu, tetapi akibat pandami kala itu acara pun harus kami undur. Hari ini menjadi saksi kerja keras teman-teman semua, sehingga acara pada hari ini dapat terlaksana.

“Dengan berkoordinasi ke beberapa pihak, seperti camat, tim gugus tugas, masyarakat desa dan lain sebagainya akhirnya kami mendapatkan izin untuk melaksanakan acara ini,” jelasnya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari satu malam ini, diikuti oleh puluhan komunitas, mulai dari Balangan sendiri hingga luar dari Balangan seperti dari, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Tabalong dan masih ada lagi. Didalam kegiatan ini juga ada hiburan musik akustik, serta hadiah puluhan doorprize.

“Nantinya untuk doorprize akan kami undi pada pagi hari. Selain kami melaksanakan kegiatan anniversary kami juga akan melaksanakan apel peringatan hari pahlawan,” ucap Ketua Explore Banua tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Minggu 28-29 November ini, bekerjasama dengan beberapa komunitas, dengan niat, menjalin silaturahmi antara pecinta alam, serta dapat membantu masyarakat khususnya yang berdagang.

Sementara itu menurut keterangan dari salah seorang peserta, ia senang dengan adanya acara ini, sebetulnya telah lama tidak ada kegiatan semacam ini.

“Kami senang sekali, dapat kumpul bareng dengan teman-teman komunitas lain, serta dapat bersilaturahmi kembali dengan teman-teman yang baru dari komunitas komunitas,” tutur Fathur salah seorang peserta dalam kegiatan tersebut.

Ia berharap semoga pandemi ini cepat berlalu, agar semua dapat kembali dengan normal, pasalnya ia sangat rindu camp di atas gunung namun sayang ada beberapa gunung yang masih ditutup akibat dari pandemi Covid-19 ini. Karena ujarnya masih ada beberapa gunung yang tidak memperbolehkan orang luar untuk datang. (Fikry/mercubenua)