Akses Penghubung Beberapa Desa di Balangan Putus Akibat Sungai Meluap

 218 total views,  1 views today

“Jalan penghubung antara Desa Uyam, dengan ke arah Trans Juai yang disana ada beberapa kampung. Kalau ingin menyeberang tidak bisa menggunakan kendaraan,” kata Yulianti.

Wartawan : Fikry Syahrin

Paringin, Mercubenua.net – Akibat debit air yang terus meningkat sejak tadi malam, menyebabkan air meluap ke jalan penghubung antar Desa di Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Minggu (29/11/20).

Yulianti salah satu warga di Desa Uyam mengatakan sejak tadi malam kondisi air mulai meningkat, hingga saat ini membuat akses jalan penghubung desa terputus. Tidak bisa dilalui oleh roda dua maupun roda empat.

“Jalan penghubung antara Desa Uyam, dengan ke arah Trans Juai yang disana ada beberapa kampung. Kalau ingin menyeberang tidak bisa menggunakan kendaraan,” kata Yulianti.

Diperkirakan, untuk akses jalan yang terendam kurang lebih 500 meter. Sementara ketinggian air ungkap Yuli kepada wartawan saat ini sekitar pinggang orang dewasa atau sekitar 1 meter.

Diketahui, intensitas air saat ini masih meningkat bahkan apabila hujan terus terjadi tidak menutup kemungkinan air sampai ke rumah warga.

“Untuk disini (Desa Uyam, red) memang tidak ada rumah yang terdampak, hanya jalannya saja yang tidak bisa dilintasi. Mungkin ini karena faktor letak jalan yang memang di dataran rendah. Tetapi ada di beberapa desa di kecamatan juai yang terdampak banjir seperti di Desa Juai, Galombang, dan Desa Bata,” ujar Yuli.

Ia berharap air cepat surut dan cepat mengering sehingga, warga bisa tenang.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Balangan melalui Plt. Kabid Pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Balangan, Syuhada mengungkapkan saat ini pihaknya sedang siaga di lapangan.

“Untuk tim kami sudah luncurkan di kelokasi, disana kami siap untuk melakukan pertolongan kepada masyarakat,” ujarnya. (Fikry/mercubenua)