Forum Komunikasi UPBS Tabalong Sampaikan 4 Poin Aspirasi ke Dewan

 62 total views,  1 views today

“Saat ini kita tengah membahas dan menyusun Raperda terkait pelaksanaan penanggulangan dan penanganan bencana”, kata Ahmad Helmi.

Tanjung, Mercubenua.net – Forum Komunikasi Unit Penanggulan Bencana Swadaya (UPBS) Kabupaten Tabalong melakukan audiensi dengan anggota DPRD terkait penyampaian aspirasi mengenai Payung Hukum Operasional UPBS, Perlindungan Hukum dan Jaminan Kesehatan Anggota UPBS serta Bantuan Pendanaan Operasional dan Perawatan Unit, Senin (22/3/2021) kemaren di Setwan Setempat.

Diketahui keberadaan UPBS membantu pemerintah dan masyarakat pada pencegahan dan penanggulan bencana serta pasca bencana. Selain itu, kegiatan yang dilakukan UPBS berkenaan dengan rasa kemanusian termasuk pendidikan pola pikir anak praremaja dalam penanggulan kenakalan remaja hingga upaya pencegahan penyalahgunaan Narkotika dan obat-obatan terlarang.

Terkait hal tersebut Hanafi Gobet Wakil Ketua Komisi III DPRD Tabalong, mengaku menyambut baik penyampaian aspirasi oleh Forum Komunikasi UPBS Tabalong. Menurut Gobet, UPBS adalah salah satu garda terdepan dalam penanggulan bencana di daerah.

Sementara, Ahmad Helmi anggota Komisi III DPRD Tabalong yang juga merupakan Ketua Bapemperda DPRD Tabalong menyebutkan saat ini pihaknya tengah menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait penanggulangan dan penanganan bencana, termasuk didalamnya terkait payung hukum UPBS dan upaya perlindungan UPBS yang ada di Kabupaten Tabalong. “Saat ini kita tengah membahas dan menyusun Raperda terkait pelaksanaan penanggulangan dan penanganan bencana”, kata Ahmad Helmi. (din)