Peringatan HKG PKK, Momentum Tim dan Kader Wujudkan Keluarga Berkualitas

 54 total views,  1 views today

Foto : Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Balangan, Hj. Sri Huriyati Hadi, berikan sambutan Peringatan HKG PKK di Kecamatan Lampihong

“Seluruh jajaran tim penggerak dan kader PKK diharapkan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas, baik pada aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, sosial dan lingkungan hidup”, kata Sri.

PARINGIN, Mercubenua.net – Peringatan Hari Kesatuan Gerak ke -49 PKK di Kabupaten Balangan dirangkai dengan pendisttibusian pemenuhan kebutuhan pangan (Sembako). Dengan tema Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju, kegiatan tersebut dilakukan secara marathon di Kecamatan Batu Mandi dan Lampihong, Selasa (23/3/2021) kemaren.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Balangan, Hj. Sri Huriyati Hadi menyebutkan keluarga adalah pondasi penting dalam membangun karakteristik sumber daya manusia sekaligus kunci utama dari segala bentuk perubahan dan pembangunan.

Pada kesempatan tersebut Ketua TP PKK Balangan mengajak melalui peringatan HKG PKK dengan tema tersebut sebagai jiwa dari setiap aktivitas dalam rangka mensukseskan 10 program pokok PKK ke depan.

“Seluruh jajaran tim penggerak dan kader PKK diharapkan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas, baik pada aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, sosial dan lingkungan hidup”, kata Sri.

Foto : Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Balangan, Hj. Sri Huriyati Hadi serahkan bantuan Pemprov Kalsel

Ia berharap peringatan HKG PKK ini bisa menjadi momentum untuk kebersamaan yang semakin kuat, semangat baru, motivasi baru dan menumbuhkan kreatifitas baru.

“Ditambah dengan kekompakan, saya yakin akan banyak hal baru yang bisa kita laksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab kita dalam rangka menjadikan keluarga-keluarga Balangan sebagai pelopor perubahan, pencetak karakteristik positif yang kuat, yang membawa Balangan menuju lebih baik dan sejahtera”, imbuh Sri lagi.

Pada kesempatan tersebut, Sri mengungkapkan mengapa HKG PKK pelaksanaannya dirangkai dengan pendistribusian sembako. Alsannya adalah sebab untuk melakukan efesiensi. Prinsip efisiensi tersebut ia harapkan bisa diterapkan namun jangan sampai mengurangi nilai kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong-royongan.

“Alhamdulillah, peringatan ini juga kita gabungkan dengan kegiatan pendistribusian sembako. Mari kita lihat penggabungan kedua kegiatan ini sebagai sebuah upaya efisiensi. Efisien waktu, efisien energi, dan insya allah efisien biaya”, tambah Sri.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Balangan, mengatakan bantuan sosial dari Pemprov Kalsel ini adalah dalam rangka kesatuan gerak PKK kepada  Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) untuk menangani, membantu dan meringankan beban pangan dampak pandemi Covid-19.

Diketahui, pada Peringatan HKG PKK embako yang diserahkan berupa Gula pasir, Minyak goreng, Susu, Kecap, Mie Instan, Mentega dan Tepung Terigu serta Beras.

Total bantuan yang diserahkan  kepada lansia dan masyarakat kurang mampu menurut data dari Dinas Sosial Provinsi Kalsel Sebanyak 191 paket, dengan rincian untuk Kecamatan Batumandi sebanyak 100 paket, Keamatan Lampihong  46 paket dan Kecamatan Paringin sebanyak 45 paket. (din)