Rencana Pembangunan Jalan di Wilayah Tanjung Baru

 60 total views,  2 views today

  • Disperkimtan Tabalong Gelar Konsultasi Publik
Foto : Istimewa

“Pembangunan jalan itu akan merubah wajah kota Tabalong, sebab sudah terbuka. Dan rencananya dikawasan tersebut akan dibangun Ruang terbuka hijau, Danau dan lainnya”, ujar Anang.

TANJUNG, Mercubenua.net – Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Tabalong melakukan Konsultasi Publik Pangadaan Lahan, Senin (12/4/2021) lalu di Pendopo Bersinar.

Konsultasi Publik Pengadaan Lahan tersebut dilakukan dalam rangka pembangunan jalan di Wilayah Tanjung Baru di Tanjung Selatan.

Kegiatan tersebut dihadiri 73 pemilik tanah yang termasuk dalam rencana lahan pembangunan Jalan Tanjung Baru. Diketahui kegiatan tersebut adalah pertemuan kedua yang digelar yang mana dimaksudkan untuk pembebasan lahan.

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani pada kegiatan itu dalam sambutannya menyampaikan hal itu adalah upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan kawasan Kota baru.

Untuk mendukung pembangunan kawasan Kota baru di Kabupaten Tabalong salah satunya adalah pembangunan Jalan dari Simpang 4 Islamic Center tembus ke wilayah Tanjung Selatan. Jalan tersebut rencanannya akan dibangun sepanjang 4,2 Kilometer dengan lebar 30 meter.

Pembangunan Jalan tersebut, menurut Anang akan merubah wajah Kota di Tabalong. Rencananya dikawasan tersebut juga akan dibangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) hingga Danau.

“Pembangunan jalan itu akan merubah wajah kota Tabalong, sebab sudah terbuka. Dan rencananya dikawasan tersebut akan dibangun Ruang terbuka hijau, Danau dan lainnya”, ujar Anang.

Anang mengungkapkan pembebasan lahan pembangunan Jalan itu akan memberikan keuntungan dan manfaat yang sama, baik bagi pemerintah maupun pemilik tanah di wilayah tersebut.

“Pembebasan lahan itu akan memberikan keuntungan dan manfaat yang sama, baik bagi pemerintah maupun pemilik tanah di wilayah tersebut. Dikarenakan sudah terbukanya lahan tersebut” imbuh Bupati Tabalon, Anang Syakhfiani.

Anang berharap rencana pembangunan di wilayah Tanjung Baru tersebut bisa selesai sebelum masa jabatannya sebagai Bupati Tabalong berakhir.

“Saya berharap dukungan semua pihak terutama pemilik tanah dan pihak lainnya, agar proses ini bisa berjalan dengan lancar, sehingga sebelum masa jabatan saya berakhir jalan ini sudah selesai”, harap Anang.

Kepala Disperkimtan Kabupaten Tabalong, Hj Hamida Munawarah mengatakan, tujuan konsultasi publik ini adalah untuk mewujudkan kesepakatan agar tersedianya lahan untuk dibebaskan dalam rangka keperluan pembangunan jalan di wilayah Tanjung Baru.

Hamidah menjelaskan Konsultasi Publik yang digelar ini adalah tahapan atau proses pengadaan lahan, yang dimulai dari perencanaan dalam hal ini oleh Dinas PUPR Tabalong.

Kemudian lanjut Hamidah, menggelar persiapan dengan melakukan pendataan awal, sosialisasi dengan pemilik tanah, konsultasi publik dan penetapan lokasi termasuk pengukuran lahan oleh BPN yang dilanjutkan penetapan nilai ganti rugi berdasarkan penilaian tim apraisal.

Untuk pembayaran ganti rugi pembebasan lahan pembangunan Jalan di Wilayah Tanjung Baru, ungkap Hamidah bersumber dari dana APBD Kabupaten Tabalong.

“Konsultasi Publik ini bagian tahapan atau proses pengadaan tanah sendiri dimulai dari perencanaan, dalam hal ini oleh Dinas PUPR Tabalong. Kemudian dari persiapan dengan melakukan pendataan awal, sosialisasi dengan pemilik tanah, konsultasi publik dan penetapan lokasi, pengukuran oleh BPN, kemudian dilakukan penetapan nilai ganti rugi berdasarkan penilaian tim apraisal hingga nantinya proses pembayaran. Sedangkan dana pembebasan lahan sendiri dari APBD Kabupaten Tabalong”, jelas Hj. Hamidah Munawarah.

Dirinya berharap melalui konsultasi publik ini pemilik tanah bisa menyetujui dan sepakat terkait pembebasan lahan yang nantinya akan dibangun jalan. (mercu)