BPTP Kalsel: Potensi Kabupaten Tabalong Luar Biasa

 14 total views,  1 views today

Foto : Istimewa

“Momentum penanaman ini, kita melihat kalau Tabalong sebagai pelopor atau penyangga Ibu Kota Negara (IKN) nantinya, lokasi ini sungguh luar biasa dalam pengembangan tanaman buah buahan. Tidak hanya itu, kedepan ini bisa menjadi agroeduwisata dimana masyarakat yang berkunjung bisa belajar, dan melihat perkembangan tanaman dan beriwisata”, pungkas Dr Muhammad Amin.

TANJUNG, Mercubenua.net – Balai Pengkajian Tekhnologi Pertanian (BPTP) Provinsi Kalimantan Selatan memberikan tanggapan positif terhadap penanaman bibit buah-buahan lokal Kabupaten Tabalong pada Kebuan Raya Tanjung Puri di Desa Kasiau, Kecamatan Murung Pudak.

Potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Tabalong dinilai sungguh luar biasa dalam pengembangan tanaman buah-buahan dan sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPTP Kalimantan Selatan, Dr Muhammad Amin, kamis kemaren.

“Potensi yang dimiliki Kabupaten Tabalong sangguh luar biasa, apalagi lahan atau kebun buah-buahan ini”, ujar Dr Muhammad Amin.

Amin mengungkapkan pihaknya akan memberikan dukungan dari aspek inovasi dan teknologi dalam upaya pengembangan tanaman hingga menghasilkan produktivitas.

“BPTP akan memberikan dukungan dari aspek inovasi dan teknologi dalam pengembangan tanaman sehingga kedepan bisa menghasilkan produktivitas yang nantinya bisa membanggakan daerah ini”, kata Dr Muhammad Amin lagi.

Menurut Amin, dirinya melihat penanaman bibit buahan ini adalah momentum Kabupaten Tabalong sebagai pelopor penyangga IKN dan bisa menjadi tempat Agroeduwisata.

“Momentum penanaman ini, kita melihat kalau Tabalong sebagai pelopor atau penyangga Ibu Kota Negara (IKN) nantinya, lokasi ini sungguh luar biasa dalam pengembangan tanaman buah buahan. Tidak hanya itu, kedepan ini bisa menjadi agroeduwisata dimana masyarakat yang berkunjung bisa belajar, dan melihat perkembangan tanaman dan beriwisata”, pungkas Dr Muhammad Amin. (din/mer)