Antisipasi Tumpahan Material Semen Luluh di Jalan Umum, Pelaku Usaha Ready Mix Dibuatkan Kesepakatan

 160 total views,  2 views today

“Kita tidak bermaksud mengintervensi atau mencari-cari kesalahan, kita ingin menjaga keselamatan pengguna jalan”, tegas Tumbur.

TANJUNG, Mercubenua.net – Menindak lanjuti aduan masyarakat terkait tumpahan adukan semen (luluh) pada angkutan ready mix atau molen dibeberapa titik ruas jalan umum seperti di Simpang Samsat, Simpang Empat Sulingan, di Persimpangan Kantor Polres Tabalong, Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong melakukan rapat koordinasi dengan pengusaha ready mix dan Satlastas Polres Tabalong di Aula Dishub setempat, Selasa (14/9/2021) tadi.

Dalam rapat koordinasi antisipasi tumpahan material semen luluh, pengusaha ready mix bersepakat akan melaksanakan kegiatan sesuai ketentuan SOP dan siap bertanggung jawab terhadap resiko yang terjadi, termasuk membersihkan tumpahan semen luluh di jalan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong, Tumbur P Manalu kepada wartawan mengungkapkan rapat koordinasi ini adalah upaya untuk menjaga keselamatan pengguna jalan. Pasalnya, menurutnya hal tersebut dapat menimbulkan dampak berisiko tinggi.

“Kita tidak bermaksud mengintervensi atau mencari-cari kesalahan, kita ingin menjaga keselamatan pengguna jalan”, tegas Tumbur.

Diketahui, ada tiga poin yang menjadi kesepakatan bersama pada rapat koordinasi antisipasi tumpahan material semen luluh dijalan umum.

Pertama, pelaku usaha ready mix akan mematuhi ketentuan/SOP dalam pengangkutan material semen luluh sehingga tidak terjadi tumpahan.

Kedua apabila terjadi tumpahan semen luluh maka pembersihan dan segala konsekuensi menjadi tanggung jawab pihak pelanggar.

Dan ketiga, pihak Dishub Tabalong akan menginformasikan kepada pelaku usaha apabila terjadi tumpahan semen luluh, apabila tidak ada tindak lanjut akan dilakukan penegakan hukum.

Selama ini, tumpahan material semen luluh di jalan umum dibersihkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Tabalong.

“Kita sudah tiga kali membersihkan tumpahan material semen luluh, dua kali di simpang samsat dan satu kali di Persimpangan Polres Tabalong. Saya minta pelaku usaha readi mix agar melakukan pengangkutan sesuai SOP”, ujar Rowi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabalong.

Selain Satlantas Polres Tabalong, dalam rapat tersebut turut hadir Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, Dinas PUPR, Satpol PP dan pelaku usaha ready mix.(din)