Komisi I DPRD Tabalong Bahas Raperda Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan

 95 total views,  1 views today

Foto: Rapat Pembahasan Raperda Komisi I DPRD Tabalong dengan Tim Raperda Pemerintah Daerah

“Hari ini rapat yang kedua tentang raperda tersebut, membahas pasal demi pasal yang mengalami perubahan dan sudah diselasaikan, tinggal rapat finishing saja lagi sebelum dikonsultasikan ke Biro Hukum Provinsi”, ujarnya.

TANJUNG, Mercubenua.net – Komisi I DPRD Tabalong kembali melakukan rapat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Kabupaten Tabalong Nomor 06 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.

Dilaksanakan di Ruang Rapat Pimpinan, lantai 1 Gedung Setwan Tabalong, Selasa (14/9/2021) tadi, pembahasan raperda tersebut dipimpin H Supriani Politisi Partai Gerindra, Ketua Komisi I DPRD Tabalong.

Dalam Raperda tersebut terdapat beberapa hal yang menjadi kesepakatan dari komisi I DPRD Tabalong dengan Tim Raperda Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong, diantaranya ialah membuatkan Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS) kepada penduduk non permanen yang berlaku selama 1 tahun.

SKTS adalah surat keterangan yang diterbitkan untuk Warga Negara Indonesia sebagai Pendatang Sementara di daerah lain, dalam wilayah RI selama 90 (Sembilan puluh) hari berturut turut sampai dengan 1 (satu) tahun.

Untuk penertiban pendataan penduduk non permanen yang menetap di Kabupaten Tabalong, Disdukcapil akan bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Disperindag.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Tabalong, Ferry Elpini T mengungkapkan raperda tersebut akan dikonsultasikan ke Biro Hukum Provinsi Kalimantan Selatan, namun akan dilakukan rapat finishing dahulu bersama tim raperda Pemerintah Daerah.

“Hari ini rapat yang kedua tentang raperda tersebut, membahas pasal demi pasal yang mengalami perubahan dan sudah diselasaikan, tinggal rapat finishing saja lagi sebelum dikonsultasikan ke Biro Hukum Provinsi”, ujarnya. (din)