SDN 1.2 Sulingan Dipinta Jadi Sekolah Percontohan Pencegahan Stunting

 684 total views,  1 views today

Bupati dan Wabup Kenang Sejarah Cara Tangkap Ikan ketika di Sekolah Dasar

Tanjung, mercubenua.net – Acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di SDN 1.2 Sulingan, (30/11) dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tabalong, Drs. H. Anang Syakhfiani, M. Si dan H. Mawardi, M. Si.

Dalam laporan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tabalong, H. Mugeni menyebutkan kegiatan ini dikaitkan dengan momentum Hari Jadi ke – 54 Kabupaten Tabalong dan Hari Ikan Nasional ke – 6 tahun 2019.

Terlebih dari itu, ujar H. Mugeni tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan program gemarikan khususnya kepada siswa sekolah dasar. Selain itu, melalui Gemarikan diharapkan bisa memberikan pemahaman tentang kandungan gizi dan manfaat untuk kekuatan dan kecerdasan.

“Kegiatan ini diharapkan bisa menanamkan minat kepada masyarakat sejak dini untuk suka makan ikan, disamping juga meningkatkan angka konsumsi ikan di Kabupaten Tabalong,” kata Mugeni.

Ia melanjutkan Program Gemarikan merupakan salah satu upaya pemda Tabalong dalam percepatan dan pencegahan kasus stunting yang diperkirakan ada di Bumi Sarabakawa.

Sementara itu, Bupati Tabalong, Drs. H. Anang Syakhfiani, terkait pencegahan kasus stunting meminta agar SDN 1.2 Sulingan bisa menjadi sekolah percontohan pencegahan kasus stunting.

“Kepada Dinas Kesehatan agar memprogramkan langkah-langkah pencegahan kasus stunting,” pinta Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga mengenang dan menceritakan bagaimana cara menangkap ikan pada waktu dahulu.

“Saya dulu sekolah di SD ini, butuh perjuangan bila mau makan ikan, kalau tidak dengan memancing atau ‘menggagap’ (menangkap ikan dengan tangan langsung didalam lubang-lubang, red) disungai selepas magrib atau membanjur,” ujar Bupati dihadapan anak-anak SDN Sulingan 1.2.

Pada kesempatan itu, Bupati Tabalong menganjurkan supaya anak-anak bisa memakan ikan sebanyak-banyaknya.

Senada dengan Bupati Tabalong, Wakil Bupati Tabalong, H. Mawardi, M. Si yang hadir juga sampaikan hal bagaimana dahulu cara menangkap ikan.

“Dahulu saya bersama ayah, kalau mau makan ikan malam-malam turun kesungai untuk ‘melunta’ (menjala,red), hasilnya bisa untuk lauk makan dan juga dijual,” ujar Mawardi.

Mawardi menyebutkan tidak menutup kemungkinan anak-anak akan berprestasi apabila mengkonsumsi ikan dengan cukup. “Makan ikan satu setengah Ons sehari, agar kita jadi sehat, kuat dan cerdas. Selain itu mari belajar sebaik-baiknya dari sekarang juga,” pungkas Wabup.

Pada acara Gemarikan di SDN 1.2 Sulingan juga dilakukan tebak-tebakan berhadiah oleh Bupati Tabalong. (din)