Gelar Budaya Sarabakawa Bukti Kesiapan Tabalong Sambut Ibu Kota Baru

 156 total views,  1 views today

Panitia Sediakan Total Hadiah Puluhan Juta

Tanjung, mercubenua.net – Gelaran Pawai Budaya Sarabakawa II yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke – 54 Kabupaten Tabalong merupakan kesiapan Bumi Sarabakawa dari segi seni budaya, menyambut dijadikannya Kalimantan Timur sebagai lokasi baru Ibu Kota Negara.

“Ini merupakan kesiapan kita dari segi seni budaya setelah ditetapkannya Kaltim sebagai ibu kota negara dan kita akan mendukung itu,” ujar Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfini,M. Si, dihadapan peserta Pawai Budaya Sarabakawa di depan pintu gerbang Pendopo Bersinar, sabtu, (30/11).

Penyelenggaraan event ini mendapat apresiasi dari Bupati Tabalong.

“Atas nama pemerintah daerah, saya mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini, khususnya kepada peserta yang ikut pawai budaya,” kata Bupati.

Lebih lanjut, Bupati Tabalong menjelaskan kegiatan ini membuktikan kepada dunia, bahwa di Kalimantan terdapat banyak seni budaya.

Pasalnya, Gelaran pawai budaya ini tidak hanya diikuti Kabupaten/Kota saja, tetapi juga diikuti dari Provinsi Kaltim dan Kalteng.

“Ini membuktikan pada dunia bahwa di Kalimantan tak sedikit seni budayanya. Kegiatan ini juga untuk memfasilitasi semua kabupaten/kota untuk menunjukan khasanah budaya bangsa kepada semua,” jelas Bupati.

Bupati berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan dengan peningkatan kapasitas, sehingga bisa menjadi even pariwisata nasional.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, Masdulhak Abdi, dalam laporannya mengatakan disamping menyemarakkan hari jadi kabupaten, juga merupakan langkah untuk melestarikan dan mengembangkan budaya serta sarana jalinan silaturahmi sesama seniman.

Pawai Budaya Sarabakawa tahun 2019, diikuti 62 tim Kabupaten/Kota Kalsel, Provinsi Kalteng dan Kaltim.

Rute pawai dimulai dari pintu gerbang Pendopo Bersinar berakhir di Tabalong Expo Center.

Total hadiah yang disediakan panitia senilai Rp. 22.500,000. (din)