Raperda Tentang Penyalahgunaan Narkoba Sedang Digodok

 169 total views,  1 views today

mercubenua.net, Tanjung – Kabupaten Tabalong sedang menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Tabalong tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika Dan Prekusor Narkotika Tahun 2019.

Supaya Raperda tersebut sempurna, Bagian Hukum setda Kabupaten Tabalong melaksanakan Forum Group Discussion (FGD) di Aula Penghulu Rasyid, Selasa (3/12).

Tujuan kegiatan FGD ini adalah untuk mendapatkan saran dan masukan terhadap kesempurnaan Draft Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Tabalong tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika.

Dalam sambutan Bupati Tabalong yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Tabalong, Zulfan Noor mentampaikan, kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan, karena penyalahgunaan Narkotika di Kabupaten Tabalong marak terjadi.

“Dalam kurun waktu Januari sampai Maret 2019 ada sejumlah 21 laporan polisi dan sebanyak 29 orang tersangka tindak pidana penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Tabalong.

Kabupaten Tabalong merupakan daerah dengan perkembangan ekonomi yang cukup tinggi dengan percampuran berbagai budaya dan juga merupakan daerah lintas Provinsi, sehingga tingkat kepadatan arus manusia sangat memungkinkan terjadinya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya,” kata Zulfan noor.

Dukungan terhadap pemberantasan pencegahan narkoba dan berdasarkan Peraturan Pasal 2 Ayat 3 dan Pasal 3 Ayat a, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika, maka Pemerintah Daerah memiliki kewenangan untuk menyusun Peraturan Daerah terkait dengan Permendagri tersebut.

Setelah dilakukan FGD, Bagian Hukum Setda Tabalong akan melakukan rapat lanjutan dengan beberapa SKPD terkait untuk penyempurnaan Rancangan Peraturan Daerah ini.

Raperda ini pun nantinya akan masuk di Program Pembentukan Peraturan DPRD Tabalong tahun 2020 dan diperkirakan akan disahkan di Tahun 2020.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Kepala Bidang Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Drs. Rustam Efendi, SH. M.Si, dan Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Tabalong AKBP H. Husni Thamrin, SH.MM. (tim/sna)