Wilayah Selatan Tabalong Dibangunkan Rumah Sakit

 135 total views,  1 views today

Pemerataan Pelayanan Kesehatan

mercubenua.net, – Tanjung, Bupati Tabalong, Drs. H. Anang Syakhfiani, M.Si berharap pembangunan Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Kelua bisa selesai pada 2022 mendatang.

Hal tersebut ia sampaikan melalui sambutan ketika acara peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Pratama di Kelua, diwilayah Jalan Takulat-Bacco, selasa, (3/12) lalu.

Lebih lanjut Bupati Tabalong menjelaskan pembangunan rumah sakit yang akan dimulai 2020 nanti merupakan upaya pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kesehatan yang merata kepada semua masyarakat Bumi Sarabakawa.

“Pelayanan itu tidak bisa terkonsentrasi. Kita sebetulnya merencanakan di Tabalong minimal ada empat rumah sakit,” ujar Bupati Tabalong.

Terkait wilayah pembangunan rumah sakit pratama tersebut, Bupati mengungkapkan Takulat-Bacco akan menjadi pusat pertumbuhan baru diwilayah Kelua serta mengurai permasalahan di pasar Kelua. Disamping itu juga menepis isu bahwa orang Tabalong sering berobat keluar daerah.

Ia berharap rumah sakit pratama ini akan berfungsi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Tabalong khususnya di wilayah selatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, H. Taufiqurahman, mengatakan tahun 2020 rumah sakit pratama dibangun melalui anggaran APBD Induk Kabupaten Tabalong secara bertahap dimulai dengan pembangunan Gedung Administrasi.

Rumah sakit ini akan menjadi sentral kesehatan di wilayah selatan dalam rangka pemerataan pelayanan kesehatan di Tabalong.

“Puskesmas Kelua tetap akan menjadi puskesmas dan rumah sakit pratama Kelua ini akan menjadi pendukung Rumah Sakit H. Badaruddin Kasim di Maburai,” tuturnya. (din)