PT. BPR Tabalong Bersinar Merupakan Solusi Menekan Rentenir

 461 total views,  1 views today

Penyedia Permodalan Bagi UKM

Tanjung, Mercubenua.net – PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Tabalong Bersinar merupakan ujung tombak pemerintah daerah dalam hal peningkatan perekonian, terutama masalah permodalan yang selama ini menjadi kendala utama bagi UKM untuk menjalankan usahanya.

PT. BPR Tabalong Bersinar dibentuk berdasarkan Perda No. 5 Tahun 1997 dan Izin Mentri Keuangan No. SKB 676/Km17/1997. BPR Tabalong sendiri terdiri dari BPR Muara Uya, BPR Haruai dan BPR Kalua.

Menurut Komisaris Utama PT. BPR Tabalong Bersinar, A Jubair, SJ yang ditemui dikantornya menjelaskan bahwa keberadaan BPR merupakan keinginan pemerintah untuk membantu para UKM, petani, pegawai dan pekerja melepaskan diri dari jerat rentenir yang memberikan kredit dengan bunga yang sangat tinggi. “Mudahan dengan keberadaan BPR Bersinar ini semua permasalahan keuangan warga bisa teratasi, bahkan ada kredit BPR yang tanpa bunga lho”, tambahnya, Selasa (17/12) lalu.

“Sekarang ini BPR sudah banyak kemajuan terutama di tiga 3 BPR yang ada (Muara Uya, Haruai, Kelua). BPR juga sudah bekerja sama dengan Perumda, PDAM, RSUD, Diknas. Kerjasama dengan Diknas yaitu penyaluran dana BOS. Dinas Sosial dalam pembiayaan E-Warung.

Sedangkan mengenai Kredit Gemas Mekar (Gerakan Masyarakat Meningkatkan Mutu Karet), BPR menyediakan dana dan sudah kami kucurkan, mudahan UPBB (Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar) bisa memanfaatkannya”, terang Jubair.

Selain itu, PT. BPR Tabalong Bersinar juga melaunching Tabungan SIMAPAN (Tabungan Masa Depan). Dimana kami menyediakan kotak untuk dibawa pulang. Kemudian kotak tersebut biasanya dibawa sebulan sekali untuk disetorkan ke BPR. Tujuannya adalah melatih sianak untuk belajar menabung dirumah, biasanya yang ditabung uang sisa belanja disekolah.

“Karena ada tabungan celengan SIMAPAN dirumah baik anak, bapak atau ibu selalu memasukan sisa uang belanja tiap hari. Sehingga tidak heran ada uang seribu, duaribu sampai pecahan tertinggi ada dicelengan ini”, tutur Norhikmah, warga Kelurahan Jangkung yang ditemui sewaktu menabung di BPR.

Tambah Jubair, satu lagi kabar gembira, bahwa Tabalong menerima penghargaan secara nasional berupa Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) tingkat Kabupaten/Kota dari Otoritas Jasa Kauangan (OJK).

“Bupati Tabalong meraih penghargaan TPKAD 2019 yang langsung diserahkan oleh Ketua Dewan Komisaris OJK RI, Wimboh Santoso di Jakarta”, pungkas Jubair. (Wis)