Pj Sekda Tabalong: Pembangunan Kantor Camat Mengadopsi Kearifan Lokal dan Peduli Lingkungan

 120 total views,  2 views today

Gambar: Pj Sekda Tabalong M Fitri Hernadi diwawancarai wartawan, Kamis (4/4/2024) tadi. 

“Kami dari bagian Tapem sedang menginventarisir semua kantor camat terkait kelayakannya dalam melakukan pelayanan publik,” jelas Judid. 

TANJUNG, Mercubenua.net – Bersiap menghadapi perkembangan zaman dengan kemajuan tekhnologi dan segala konsekuensinya seluruh Kantor camat di Kabupaten Tabalong akan dilakukan rehab berat dan direlokasi. 

Hal tersebut disampaikan Penjabat Sekretatis Daerah (Pj Sekda) Tabalong M Fitri Hernadi, usai pimpin Rapat Koordinasi Persiapan Pembangunan Kantor Camat di kantor Sekretariat Daerah (Setda) setempat, Kamis (4/4) tadi. 

“Tadi kita sudah bertemu para camat, Dinas PUPR, Perkim dan Aset, berbicara mengenai relokasi dan rehab kantor camat,” ujar M Fitri Hernadi. 

Pj Sekda Tabalong menjelaskan semua kantor camat akan direlokasi dan direhab berat dengan harapan akan menjadi tempat pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

“Tidak hanya untuk yang normal, tetapi juga untuk teman-teman disabilitas,” kata Sekda Tabalong.

Sekda menambahkan rencana pembangunan kantor camat di Tabalong desainnya akan mengacu terhadap kearifan lokal dan eco office atau peduli lingkungan. 

“Diharapkan mampu meningkatkan kinerja pegawai dalam memberikan layanan,” ujar Pj Sekda Tabalong. 

Sementara, Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Setda Tabalong, Gusti Judid menjelaskan persiapan untuk rencana relokasi dan rehab berat seluruh kantor camat di Tabalong saat ini dalam tahap inventarisisasi.

“Kami dari bagian Tapem sedang menginventarisir semua kantor camat terkait kelayakannya dalam melakukan pelayanan publik,” jelas Judid. 

Judid mengungkapkan untuk lokasi pembanguanan kantor camat sendiri tidak semuanya akan melakukan relokasi. 

“Kita sambil meminta masukan dari camat, apakah dilakukan rehab berat atau relokasi,” imbuhnya.  

Ia mengungkapkan pembangunan kantor layanan publik tersebut mengacu terhadap beberapa standar pelayanan, diantaranya mulai dari standar keamanan hingga akses yang nyaman untuk penyandang disabilitas. 

“Sekarang sudah ada standarnya, misalnya keamanan seperti ketersedian apar untuk mencegah kebakaran dan ramah untuk penyandang disabilitas,” ungkapnya. 

Diketahui, saat ini Kantor Kecamatan Muara Uya dan Tanta telah selesai dibangun. Kantor Camat Muara uya sendiri dilakukan relokasi sementara Kantor Camat Tanta direhab berat. (mer/din)