Liburan, Objek Wisata Buatan di Tabalong Ramai Dikunjungi

 371 total views,  1 views today

Lokasi Taman Bunga Poska (Foto : Istimewa)

Tanjung, Mercubenua.net – Hujan deras yang sempat mengguyur sebagian wilayah selatan di Kabupaten Tabalong dan sekitarnya tidak menyurutkan warga menikmati libur tahun baru.

Salah satu destinasi wisata yang kini mulai populer ditelinga masyarakat luas seperti Taman Bunga Poska di Desa Pematang, Kecamatan Banua Lawas dan Taman Bauntung Batuah di Desa Pugaan, Kecamatan Pugaan yang berada di diperbatasan antara Kabupaten Tabalong dan HSU ramai dikunjungi.

Kebun Sayur, di Desa Pugaan, tempat wisata buatan masyarakat. Salah satu pengunjung asyik berfoto.
(Foto : Asmawati)

Menurut salah satu petugas parkir di Taman Bunga Poska kepada wartawan saat dikunjungi, Rabu (2/1/2020), menyebutkan kunjungan wisatawan sudah meningkat sejak sepekan terakhir.

Peningkatan kunjungan wisatawan bertepatan dengan libur Natal 2019 dan libur sekolah.

Sejumlah wisatawan antusias mengunjungi Taman Bunga Poska karena lokasi yang strategis. Berada di perbatasan HSU tempat wisata ini bisa ditempuh sekitar 10 menit dari jalan Ahmad Yani dalam kondisi normal.

Taman Bauntung Batuah, tempat wisata buatan masyarakat. (Foto: fb_Taman Bauntung Batuah)

Selain Taman Bunga Poska dan Taman Bauntung Batuah, mulai memasuki desa Pugaan diperbatasan HSU wisatawan akan disuguhkan beberapa tempat wisata olahan masyarakat yang dijamin akan melepaskan rasa penat dan menghibur seperti tempat wisata Danau Biru dan Kebun Sayur. Bahkan disitu juga ada aneka buah-buahan seperti buah Rambutan, durian dan cempedak dari pohon langsung milik warga yang bisa dibawa pulang pengunjung dengan harga terjangkau.

Siah, salah satu warga yang tinggal dekat dengan tempat wisata disana menyebutkan kunjungan ke objek wisata Taman Bunga Poska masih menjadi tempat favorit bagi wisatawan.

Tempat Wisata Kebun Sayur. (Foto:Asmawati)

Wisatawan umumnya akan melakukan kunjungan bersama keluarga untuk menikmati pemandangan dan berswafoto bersama mekarnya berbagai jenis bunga dan lukisan karya masyarakat setempat.

Akses yang cukup mudah melalui jalan kabupaten membuat wisatawan sebagian berasal luar Kabupaten Tabalong dan sebagian dari sejumlah kecamatan di wilayah lain di daerah Tabalong memadati tempat wisata ini.

Perbandingan kunjungan dibanding hari biasa, kata Siah, bisa terlihat dari jumlah motor dan mobil yang datang. Pada hari libur biasa jumlah motor disebutnya kurang dari seratus unit. Demikian juga dengan kendaraan mobil yang datang hanya mencapai puluhan.

Taman Bunga Poska. (Foto : Istimewa)

Namun saat libur Natal dan Tahun Baru jumlah kunjungan motor dan mobil bisa mencapai ratusan.

Mengantisipasi adanya insiden saat berwisata, pengunjung dihimbau agar selalu berhati-hati. Sebagian pengunjung yang membawa anak kecil diimbau selalu diawasi dan disarankan jangan sampai terpisah.

Hasna, salah satu warga asal Tanjung menyebut memilih mengunjungi tempat wisata di wilayah selatan Tabalong sebab disana terdapat beberapa tempat wisata karya masyarakat khususnya Taman Bunga Poska.

“Seharian sudah saya disini (di Selatan Tabalong), pagi tadi kita ziarah ke Makam Syekh Nafis Al Banjari di Desa Binturu, lalu kita istirahat di Masjid Pusaka Benua Lawas, kemudian kita berwisata mulai Danau Biru, habis itu ke Kebun Sayur, lalu ke Taman Bauntung Batuah dan terakhir kita ke Taman Bunga Poska. Pulang nanti rencananya kita mau beli buah dikebunnya milik warga. Mumpung anak-anak lagi libur sekolah,” ujar Hasna sambil tersenyum yang mengajak keluarga besarnya liburan disini. (din)