Penerima Insentif Pengelola Rumah Ibadah Berkurang

140 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Wakil Bupati Tabalong, H. Mawardi saat serahkan bantuan dana insentif kepada pengelola rumah ibadah di Aula Pendopo Bersinar, 2019 lalu. (Foto : Istimewa)

Tanjung, Mercubenua.net – Bantuan dana insentif untuk pengelola rumah ibadah di Kabupaten Tabalong berkurang.

Pasalnya, jumlah penerima dana insentif yang dikeluarkan oleh pemerintah Kabupaten Tabalong berkurang.

Tahun 2020 ini, ada sebanyak 262 orang. Rinciannya, Kaum Mesjid sebanyak 223 orang, Koster atau pengelola gereja 37 orang dan Pengampun atau pengelola pura sebanyak dua orang.

Tahun lalu, pemkab Tabalong sendiri menyerahkan bantuan dana insentif kepada sebanyak 282 orang. Mereka diberi dana Rp500.000 per bulan.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Tabalong, H Rusmadi mengatakan, walaupun ada pengurangan jumlah penerima namun jumlah dana bantuan tetap sama dengan tahun sebelumnya. 

“Tidak ada perubahan jumlah dana bantuannya,” katanya. Ia memberitahukan, dana tersebut sebelumnya telah naik Rp100ribu setelah Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menetapkannya. Tahun 2018 lalu sebesar Rp400ribu.

Terkait berkurangnya jumlah penerima insentif ini, H Rusmadi menjelaskan karena disesuaikan dengan pengajuan dari kecamatan.

Tidak adanya surat pemberitahuan perpanjangan, terpaksa Bagian Kesra Setda Tabalong menyesuaikan. Pasalnya, kecamatan yang menetapkan berdasarkan pengajuan organisasi pengurus rumah ibadah.

“Kemungkinannya ada yang meninggal dunia, berhenti atau yang lainnya. Kami tidak tahu persis alasannya apa. Yang jelas tidak diajukan,” imbuhnya.

Pemkab Tabalong membantu pengelola rumah ibadah ini lantaran ingin meringankan beban kebutuhan mereka. Pasalnya, mereka telah ikhlas dan berjasa membantu warga lainnya dalam beribadah. (mercubenua)