Cegah Stunting, Diskan Upayakan Peningkatan Konsumsi Ikan

213 kali dilihat, 7 kali dilihat hari ini

(Foto : Istimewa)

Tanjung, Mercubenua.net – Untuk meningkatkan jumlah konsumsi ikan dimasyarakat, Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Tabalong tahun ini melalui Program Optimalisasi Pengelolaan dan Pemasaran Produksi Perikanan akan melakukan pembentukan kelompok usaha pengolahan produksi ikan.

Hal tersebut dikatakan Ahmad Robyani, Kepala Bidang Penguatan Daya Saing Produk dan Pemasaran Diskan Kabupaten Tabalong, belum lama tadi.

Lebih lanjut, Ahmad menjelaskan dalam pembentukan kelompok, Diskan akan menawarkan pelatihan pembuatan produk berbahan ikan kepada masyarakat, seperti olahan pentol dan semacamnya.

Kemudian minat yang muncul dari masyarakat, akan ditetapkan untuk membuat kelompok usaha yang bisa menghasilkan produk jajanan sebagaimana hasil latihan.

Ahmad mengungkapkan setidaknya ada tujuh kelompok yang ditargetkan akan dibentuk dalam kegiatan tersebut. “Target kami tahun ini ada tujuh kelompok yang terbentuk,” katanya.

Masih ujar Ahmad, kelompok yang sudah terbentuk, nanti tidak akan hanya mendapatkan pelatihan saja, namun juga sarana dan prasarana penunjang usaha.

Untuk sasaran program ini, Diskan sendiri belum menetapkan wilayah mana yang menjadi sasarannya. Namun, kreterianya berdasarkan desa yang paling banyak angka stunting atau tumbuh tinggi badannya terhambat.

“Kemungkinan yang paling banyak kelompoknya nanti ada di Kecamatan Benua Lawas, karena di sana paling banyak warga miskinnya,” ujarnya.

Sementara itu, tahun 2019 lalu Diskan Kabupaten Tabalong sudah melakukan pembinaan kepada lima kelompok yang telah dibentuk, dimana hasilnya mereka telah bisa mengolah sejumlah produk makanan berbahan ikan. (din)