Pemkab Tabalong Saring Usulan RKPD 2021

133 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Foto : Istimewa

Tanjung, Mercubenua.net – Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong, Kamis, (6/6/2020) kemaren, gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2021, Kecamatan Tanjung, Tanta dan Murung Pudak di Gedung Pusat Informasi.

Bupati Kabupaten Tabalong, Drs. H. Anang Syakhfiani, M. Si menyarankan Kepala Desa, Lurah maupun Camat supaya dapat memberikan usulan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang mampu mengangkat ekonomi masyarakat.

Selain hal itu, dalam arahan bupati Anang, RKPD tersebut juga bisa memberikan dampak luas dan dibutuhkan oleh masyarakat Bumi Sarabakawa.

Lebih lanjut, menanggapi adanya usulan pembangunan tahun sebelumnya yang masih belum terlaksana, bupati Anang menjelaskan, hal itu karena terbatasnya anggaran pembangunan dari tingkat pusat.

Terbatasnya anggaran pembangunan dari Pemerintah Pusat membuat pemerintah Kabupaten Tabalong belum bisa mengabulkan semua usulan yang ada, namun tetap lebih memprioritaskan usulan yang dibutuhkan dan berdampak serta memberikan manfaat besar untuk masyarakat.

“Sumber dana yang terbatas ini dapat kita alokasikan untuk kegiatan pembangunan, jadi kata kuncinya kita mulai sekarang harus melakukan pembelajaran dimasyarakat apa yang menjadi keinginan kita rumuskan di Musrenbang,” katanya.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tabalong, Mahdi Noor, menjelaskan Musrenbang RKPD 2021 kali ini merupakan yang pertama di tahun 2020.

Penyaringan usulan pembangunan melalui Musrenbang ini masih akan berlanjut sampai didapat keputusan akhir RKPD tahun 2021 pada bulan juni 2020.

“Kali ini kita musrenbang di Kecamatan Tanjung, Tanta dan Murung Pudak, setelah itu kita ke Kecamatan lain. Dari musrenbang ini insyaallah kita akan mendapatkan perencanaan dan usulan dari tingkat bawah,” pungkas Mahdi. (Mercubenua)