Batik Tabalong Simbol Persatuan Daerah

 159 total views,  1 views today

Foto : Istimewa

Anang Syakhfiani Raih Anugerah Budaya

Tanjung, Mercubenua.net – Bupati Tabalong, Drs. H. Anang Syakhfiani, M. Si berkeinginan mengembangkan Batik Tabalong sebagai simbol persatuan daerah.

Sebagai salah satu identitas daerah batik Tabalong sudah menarik perhatian masyarakat luas hingga luar Tabalong.

Dengan motif Ikon buah Langsat dan sarang wanyi, Bupati Anang terus berupaya mengembangkan batik lokal tersebut sebagai potensi daerah.

Disamping sebagai hasil kerajinan tangan dan kesenian, batik Tabalong juga memiliki peluang bisnis. Maka dari itu, ia mengajak semua pihak untuk ambil kesempatan.

Selain hal itu, Bupati juga berkomitmen menyatukan keanekaragaman budaya yang ada di Kabupaten Tabalong ini ini.

Salah satunya termasuk dengan membangun Kampung Budaya Dayak Deah di Kecamatan Upau, Desa Warukin Kecamatan Tanta dan Dusun Sialing Kecamatan Haruai.

Atas hal tersebut, Anang Syakhfiani bersama sembilan daerah lainnya pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN), di Banjarmasin, di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, di Kota Banjarbaru, Sabtu (8/2) meraih Anugerah Budaya PWI 2020.

Bupati Tabalong mendapat peghargaan tersebut lantaran dalam melakukan pembangunan dan modernisasi daerah dengan menempuh jalan kebudayaan melalui inovasi dan literasi media.

Diserahkan Ketua PWI Pusat, Atal S Depari, Bupati Anang menerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat dengan mengenakan Baju Adat Dayak Deah dihadapan Presiden RI dan Pejabat Tinggi RI lainnya.

Sementara itu penghargaan Anugrah Budaya PWI 2020 juga diberikan kepada Walikota Banjarmasin, Walikota Tangsel, Walikota Baubau, Bupati Gunung Kidul, Bupati Halmahera Barat, Bupati Luwu Utara, Walikota Ambon, Bupati Serdang Bedagai, dan Bupati Tubaba. (mercubenua)