Mall Pelayanan Publik Kabupaten Tabalong Beroperasi Maret 2020

104 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Foto : Istimewa

Tanjung, Mercubenua.net – Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Tabalong akan difungsikan pada maret 2020.

Dampingi Bupati Tabalong, Drs H Anang Syakhfiani, M. Si kunjungi tempat tersebut, Selasa, (11/2/2020), sejumlah instansi dan perbankan yang akan menempati mall pelayanan publik sampaikan tanggapan positif terhadap keberadaan Mall Pelayanan Publik Kabupaten Tabalong.

Seperti yang disampaikan Ahmad Riadi, Kepala Bank Kalsel Cabang Tanjung, bahwa pihaknya sudah siap untuk melakukan pelayanan di MPP ini.

Ruangan Mall Pelayanan Publik. (Foto : Istimewa)

“Kalau kami memang sejak tahun 2019 sudah menyiapkan untuk semua jenis perangkat terkait layanan ini, jadi Insyaallah untuk 2020 nanti kalau sudah pembukaan kita siap berikan pelayanan terbaik kepada masyarakarat khususnya di Kabupaten Tabalong,’’ beber Riadi.

Selain Bank Kalsel, Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tabalong juga telah siap memberikan pelayanan kepengurusan dokumen kependudukan kepada masyarakat di MPP.

Hal tetsebut disampaikan Kepala Disdukcapil Kabupaten Tabalong, H. Suryanadi kepada wartawan saat diwawancara terkait akan beroperasinya MPP.

“Disdukcapil Tabalong sudah sangat siap untuk menempati ruang yang disediakan, jadi kami menunggu apabila fasilitas sudah siap, kami juga siap, dan tidak ada masalah bagi kami,“ ujar Kepala Disdukcapil Tabalong, H. Suryanadi.

Lebih lanjut, Suryanadi menjelaskan semua jenis layanan disdukcapil akan diberikan di tempat tersebut (MPP, red).

Hal itu dilakukan untuk memberikan pelayanan maksimal dan prima untuk kemudahan masyarakat dalam mengurus masalah kependudukan.

Sementara itu, MPP yang ditargetkan akan beroperasi pada Maret 2020 ini akan ditempati sebanyak 27 instansi.

Diantaranya dari instansi pusat, instansi daerah dan BUMN seperti, Disdukcapil, PUPR, Imigrasi, Telkom, PDAM, Polres, Samsat, Kejaksaan BPJS dan lainnya.

Seperti yang diterangkan Nanang Mulkani, Kelapa Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tabalong MPP sudah selesai 90 persen.

“Tinggal sebagian lantai dua dan perlengkapan lainnya yang masih dikerjakan”, ujarnya.

Rencananya soft launching akan dilakukan oleh Bupati Tabalong, kemudian Grand Launching oleh KemenPANRB.

Fasilitas yang disiapkan di MPP terbesar di Kalimantan ini diantaranya berupa counter-counter layanan perijinan dari DPMPTSP, Dinas PUPR, Layanan Disdukcapil dan Moshula hingga ruang bermain anak dan laktasi.

Lebih unik lagi, adanya layanan pernikahan dari Kemenag Kabupaten Tabalong yang dilengkapi dengan aula pernikahan.

Kehadiran MPP ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan layanan dan kemudahan bagi masyarakat. (din)