PT. Conch South Kalimantan Cement Peduli Banjir Tabalong

123 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Tanjung, Mercubenua.net – Hujan deras yang menimpa hulu sungai Tabalong berhari-hari mengakibatkan Tabalong menjadi banjir, karena akibat banjir itulah membuat perekonomian warga lumpuh diseluruh aspek kehidupan.

Banjir bermula hujan deras pada hari Rabu (5/2) seharian dibagian utara, seperti di Kecamatan Bintang Ara (Sungai Tabalong Kiwa) dan Kecamatan Haruai, Upau, Muara Uya dan Jaro (Sungai Tabalong Kanan).

Karena pertemuan air yang cukup banyak dari kedua sungai tersebut maka terjadi banjir didaerah hilirnya seperti kecamatan Murung Pudak, Tanjung dan Tanta bahkan empat kecamatan bagian selatan, Muara harus, Kelua, Banua Lawas dan Pugaan.

Desa Nawin dan Halong, Kecamatan Haruai, sudah terendam banjir bahkan di Desa Nawin sendiri air ada yang sudah mencapai atap rumah.

Sedangkan desa-desa di Kecamatan Bintang Ara, Waling, Jabang, Warah, Duyun, Pujung dan Burum hampir tidak bisa dilewati karena keberadaan desa tersebut dipinggir sungai.

Berangkat dari musibah banjir itulah PT. Conch Sauth Kalimantan Cement, sebuah perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) asal China yang bergerak dibidang pembuatan semen tergerak ingin meringankan beban warga Tabalong khususnya disekitar daerah operasinya maupun daerah lain yang banjirnya sangat parah.

Daerah yang terbantu seperti, Desa Kaong, Kecamatan Upau, Haruai, Agung, Mahe, Tanta, Juai dan Tanjung.

Mr. Duan Zhongjun selaku Manager PT. Conch Sauth Kalimantan Cement yang berada di Desa Saradang, Kecamatan Haruai, mengunjungi beberapa titik desa di Kabupaten Tabalong yang terdampak musibah banjir, Pembagian sembako seperti Mie Instan, Roti, dan Air Mineral kepada warga yang rumahnya terendam banjir serta warga yang berada di pengungsian, Sabtu (8/2) lalu.

“Kegiatan Corporate Social Responsility (CSR) ini adalah sebuah bentuk kepedulian PT. Conch Sauth Kalimantan Cement terhadap warga sekitar dan warga yang membutuhkan yang terkena musibah banjir. PT.Conch South Kalimantan Cement akan terus berupaya meningkatkan kepedulian terutama kepada warga kabupaten Tabalong dari aspek mana pun,” pungkas Mr. Duan Zhongjun.

“Mohon maaf ini hanya sebagian kecil saja desa yang kami bantu, mungkin kalau ada masalah lainnya didaerah kita Tabalong, mudahan CSR PT. Conch South Kalimantan Cement bisa berpartisipasi lagi,” terang Nur Aina Nunci, Staff PT. Conch pada media. (mercubenua)