Perencanaan Pembangunan Tabalong Selalu Untuk Sejahterakan Masyarakat

 250 total views,  1 views today

Tanjung, Mercubenua.net – Setiap merancang perencanaan pembanguan, pemeritah Kabupaten Tabalong selalu berorientasi memberikan pelayanan publik yang terbaik dan mengembangkan perekonomian daerah, tak terkecuali perencanaan pembangunan untuk tahun 2021 yang tengah disusun oleh Pemda Tabalong.

Seperti yang dikatakan oleh Mahdi Noor, Kepala Bappeda Tabalong bahwa dalam perencanaan pembangunan kabupaten bertujuan mengutamakan kesejahteraan bagi masyarakat Tabalong.

“Dibidang apa saja yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten tabalong termasuk perencanaan pembangunan akan diarahkan kesitu,” kata Mahdi.

Maka dari itu, dalam melakukan rancangan perencanaan pembangunan, Pemda Tabalong selalu melibatkan seluruh elemen masyarakat di berbagai tahapan perencanaan, agar semua perencanaan bisa sesuai dengan apa yang dibutuhkan warga bumi sarabakawa.

Sebagai indikator bahwa Tabalong sudah membuat perencanaan yang baik, ialah nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Tabalong mendapat predikat B yang merupakan peringkat pertama dalam lingkup kabupaten di Kalimantan Selatan.

Hal ini berdampak dengan kabupaten Tabalong mendapat insentif anggaran dari pemerintah pusat yang bisa dioptimalkan untuk pembangunan infarstruktur dan SDM.

Selain itu, laporan keuangan pemda Tabalong selalu berpredikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), hal ini menandakan pemda selalu mematuhi peraturan perundang-undangan dan tertib dalam administrasi keuangan.

Seperti yang sering dikatakan oleh bupati Tabalong, disetiap kali Tabalong mendapat penghargaan dari Lembaga independent atau perorangan menunjukan karya yang dibuat oleh pemda tabalong dinilai berhasil dan terbaik dari daerah lain.

“Dengan seringnya kita mendapat penghargaan, membuktikan bahwa apa yang selama ini kita kerjakan adalah hal yang benar,” kata Anang Syakhfiani.

Sebagai informasi, saat ini pemerintah kabupaten tabalong tengah melakukan musrenbang di tingat kecamatan dalam penyusunan rancangan RKPD 2021.

Setelah tahapan tersebut selesai, nantinya rancangan RKPD akan dibawa ke Musrenbang Kabupaten untuk dijadikan rancangan akhir RKPD. Hingga dijadikan perbup agar mendapatkan fasilitasi dari provinsi.

“Sebelum musrenbang kecamatan ini, kita sudah melakukan evaluasi implementasi dari program dan kegiatan pada tahun 2019 dan forum konsultasi publik untuk mendapatkan masukan dari masyarakat,” pungkasnya.***