Taufiq : 52 Kamar Bangunan Baru RSUD Badaruddin Kasim Siap Dioperasikan

 167 total views,  1 views today

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, dr. H. Taufiqqurahman Hamdi. (Foto : Istimewa)

Tanjung, Mercubenua.net – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H, Badarudin Kasim Tanjung yang terletak di Desa Maburai, Kecamatan Murung Pudak tambah hari kian tambah padat saja dengan orang yang berobat.

Tapi yang menjadi permasalahannya, karena dari 167 kamar yang tersedia, terkadang tidak juga cukup untuk menampung pasien yang berobat dan kadang menjadi keributan antara keluarga pasien dengan petugas akibat tidak tertampung.

Namun ada kabar gembira datang dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, dr. H. Taufiqqurahman Hamdi yang disambangi dikantornya, Kamis (12/3).

Menurut dr. Taufiq bahwa bangunan yang baru dibangunan dengan menggunakan dana APBD Tabaong Tahun 2019 sudah selesai dan tinggal serah terima dengan kontraktor.

“Ruangan baru ini terdiri dari 2 ruangan VVIP, 10 Kamar VIP dan 40 ruangan Kelas 3, Jadi kalau digabung dengan kamar terdahuu yang 167 menjadi 219, sebenarnya ini setara dengan syarat rumah sakit Type B,” jelas Taufiq.

Ditambahkan Taufiq, untuk Rumah Sakit Type D, Tahun ini akan dibangun di daerah selatan yaitu RS Kelua, tapi mungkin tahun ini baru ruang-ruang tertentu dulu, sedangkan eks Rumah Sakit Umum Daerah yang di Tanjung Tengah juga akan menjadi perencanaan selanjutnya.

Sementara didaerah utara, Jaro juga akan menjadi perhatian khusus Dinas Kesehatan. “Pak Bupati Tabalong berharap dimasa pemerintahan beliau, rumah sakit Type D harus/wajib dibangun di 3 tempat yaitu Tengah, Utara dan Selatan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Tabalong,” tambah Taufiq.

Sedangkan Puskesmas Mabuun, Puskesmas Tanta maupun Puskesmas Wirang kita jadikan UGD rawat inap, khusus untuk Puskesmas Mabuun kita jadikan UGD 24 Jam karena letaknya ditengah kota, sekaligus untuk mengurangi beban orang yang berobat ke RSUD Badarudin Kasim, pungkasnya (Wis).