Pencaker Dibekali Keterampilan Kerja

 114 total views,  1 views today

Foto : Istimewa

– Diharapakan Ciptakan Lapangan Usaha Baru

Tanjung, Mercubenua.net – Kabupaten Tabalong kembali berikan pelatihan kerja kepada para pencari kerja (Pencaker).

Disamping pembekalan keterampilan tenaga kerja, kegiatan yang dilakukan di Balai Latihan Kerja (BLK) Tanjung merupakan upaya pemerintah daerah yang diharapkan bisa menciptakan lapangan usaha baru bagi peserta.

Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Setda Kabupaten Tabalong H. Zulfan Noor saat pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) angkatan I APBN Tahun 2020, Jum’at (13/3/2020) mengharapkan agar jiwa kewirausahaan terus digalakkan dalam kehidupan.

Sehingga dengan demikian diharapkan tingkat pencari kerja di Bumi Sarabakawa bisa tertangani dan berkurang. Zulfan juga mengharapkan peserta pelatihan agar mepelajari bahasa asing.

“Mudah – mudahan bisa diterapkan kepada para peserta untuk berkomunikasi menggunakan bahasa inggris maupun cina di sela-sela pelatihan, hal ini bisa menjadi nilai tambah apabila mulai terjun ke dunia kerja nantinya, apalagi posisi kita yang berdekatan dengan IKN di PPU,” jelas Zulfan.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnkaer) Kabupaten Tabalong, H Syaiful Ikhwan melalui laporannnya mengatakan Pelatihan tahun ini menyediakan 30 paket PBK dengan menggunakan dana APBN dengan 12 kejuruandan dana APBD sebanyak 8 paket dengan 8 kejuruan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja H Syaiful Ikhwan dalam laporannnya mengatakan Pelatihan tahun ini menyediakan 30 paket PBK dengan menggunakan dana APBN dengan 12 kejuruan, sedangkan dana APBD ada 8 paket dengan 8 kejuruan.

Lanjut Syaiful, tujuan kegiatan ini untuk memberikan kemampuan kepada masyarakat yang membutuhkan keterampilan dan keahlian yang kompeten sebagai bekal untuk bekerja dan berwirausaha.

Selain kemampuan pelatihan teknis peserta juga diberikan wawasan ketenaga kerjaan, etika dan motivasi dan disiplin.

Sebanyak 112 peserta mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Tahap I Dana APBN Tahun 2020 diikuti peserta sebanyak 112 orang, dengan masing-masing kejuruan sebanyak 16 peserta.

Peserta juga akan mendapatkan modul materi pelatihan, pakaian seragam dan bahan alat praktek dan ATK serta uang transport. (din)