Lima Desa di Tabalong akan Terima Program Kementerian Ketenagakerjaan RI

 189 total views,  1 views today

Foto : Istimewa

Tanjung, Mercubenua.net – Kabupaten Tabalong kembali akan memberikan pelatihan tenaga kerja mandiri kepada desa.

Melalui program kegiatan Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI), setidaknya tahun ini ada lima desa di Bumi Sarabakawa yang akan mendapatkan alokasi pelatihan mandiri ini.

Menurut Syaiful Ikhwan, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tabalong, desa yang akan diberikan pelatihan mandiri disesuaikan dengan kegiatan musrenbang yang telah dilaksanakan.

“Ada beberapa desa yang sudah mengusulkan berupa pelatihan dan itu nantinya akan kita alokasikan kegiatan pelatihan pada tahun ini,” kata Kepala Disnaker Tabalong saat diwawancara wartawan usai Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) tahap I dana APBN Tahun 2020, di Aula Balai Latihan Kerja Tanjung, Jum’at (13/03/2020) lalu.

Untuk jenis pelatihan mandiri tersebut, lanjut Syaiful menjelaskan, masih menunggu usulan dari desa itu sendiri.

Sementara pihaknya akan turun ke desa dan melakukan pertemuan dengan pihak desa mengenai kegiatan apa saja yang diperlukan. Berkaca pada tahun 2019 lalu, Syaiful mengungkapkan program dari Kementerian Ketenga Kerjaan berupa pelatihan mandiri untuk desa ini ada tujuh paket kegiatan.

Hasilnya, meskipun belum dalam skala besar, warga yang ikut pelatihan tersebut sudah bisa membuka dan mengembangkan usahanya sendiri. (din)