Jamban di Muara Uya Dibongkar

 108 total views,  4 views today

Foto : Istimewa

Persiapan Penilaian ODF Tingkat Kalsel

Tanjung, Mercubenua.net – Dalam rangka persiapan penilaian verifikasi Open Defecation Free (ODF) atau Perilaku Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS) tingkat Kalimantan Selatan, jamban yang ada di bantaran sungai di Desa Muara Uya dibongkar.

Pembongkaran jamban tersebut dilakukan oleh jajaran Koramil, Kecamatan, Polsek dan perangkat desa setempat, Senin (16/3/2020).

Danramil 1008-01 Muara Uya, Kapten Inf Uung, mengatakan hal tersebut dilakukan dalam upaya mendukung Gerakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), diantaranya adalah dengan penertiban jamban liar yang ada di Muara Uya.

Selain itu, lebih penting lagi pembongkaran jamban ini merupakan upaya untuk mengurangi pencemaran lingkungan khususnya air sungai.

Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesehatan dimasyarakat dengan adanya air sungai yang bersih.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengurangi pencemaran lingkungan serta meningkatkan kesehatan masyarakat dengan memiliki air sungai yang bersih,” tegasnya. 

Lebih lanjut, Menurut Kapten Inf Uung, kebiasaan masyarakat yang masih berprilaku buang air besar ke sungai, harus menjadi perhatian bersama. Sebab hal tersebut sangat berdampak terhadap kesehatan. (din)