Dinas Pertanian Dan Dinas Perikanan Sampaikan Program Kerja

 89 total views,  1 views today

Foto : Istimewa

Tanjung, Mercubenua.net – Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan Kabupaten Tabalong menyampaikan Program Kerja Tahun Anggaran 2020 melalui Rapat Dengar Pendapat (RDP), di Sekretariat Dewan Kabupaten Tabalong, beberapa waktu lalu, bersama Komisi II.

Secara umum pencapain kinerja Dinas pertanian Kabupaten Tabalong pada tahun 2019 sudah tepenuhi. Hal tersebut Plt. Kepala Dinas Pertanian setempat, Norzain A Yani, dalam paparannya saat RDP.

Ia mengungkapkan hanya ada satu capaian yang belum memenuhi target yaitu dibidang perkebunan, terkait Produktivitas tanaman karet.

Lanjut Norzain A Yani, pada tahun 2020 ini ada tujuh program yang akan dijalankan diantaranya dari Penyuluhan Pertanian Program Pengembangan Pangan, Peningkatan Produksi hingga Pemasaran Perkebunan.

“Ada tujuh program yang akan dijalankan pada tahun 2020 yaitu Program Pengembangan Pangan, Pengembangan Agribisnis Holtikultura, Sarana dan Prasarana Pertanian, Pengembangan Peternakan dan Kesehatan Hewan, Penyuluhan Pertanian, Peningkatan Produksi dan Pemasaran Perkebunan,” terang Norzain A Yani.

Sementara Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tabalong, Muhamad Mugeni menyampaikan salah satu program yang akan dilaksanakan Diskan adalah peningkatan jumlah konsumsi ikan oleh masyarakat, dimana hal ini berkaitan dengan upaya pencegahan terjadinya stunting.

“Program tersebut ialah Pengelolaan Administrasi, Pengembangan Budidaya Perikanan yaitu menyediakan ikan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi protein masyarakat Tabalong,” ujar Mugeni.

Lebih Lanjut Mugeni menjelaskan Diskan akan melakukan Pengembangan Perikanan Tangkap yaitu dengan mengurangi penangkapan anakan ikan di masyarakat dengan memberikan pembinaan, pengawasan dan pengendalian perikanan.

Selain itu, Mugeni menyampaikan akan melakukan Penguatan Daya Saing Produk olahan ikan dimasyarakat, salah satunya mengeluarkan produk Es Krim berbahan ikan.

“Kita akan mengeluarkan produk es krim yang berbahan dari Ikan Patin melalui Program Penguatan Daya Saing Produk di Diskan dimana ini dapat mencegah stunting dimasyarakat,” jelas Mugeni. (din)