Disnaker Belum Terima Informasi Terkait Kartu Pra Kerja

 77 total views,  2 views today

– Laman Website Pendaftaran Kartu Pra Kerja www.Kemnaker.go.id

(Foto ; Istimewa)

Tanjung, Mercubenua.net – Kartu pra kerja dipromosikan oleh Joko Widodo pada masa kampanye Pemilihan umum Presiden Indonesia 2019 lalu, bersama dengan KIP Kuliah dan Kartu sembako murah.

Kartu pra kerja adalah sebuah kartu yang digalangkan dalam rangka program pelatihan dan pembinaan warga negara Indonesia yang belum memiliki keterampilan.

Namun, sampai saat ini belum ada kejelasan tentang kapan di luncurkan kartu tersebut kepada masyarakat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tabalong, Syaiful Ikhwan saat ditemui usai pembukaan pelatihan di BLK Tanjung, (13/3/2020), mengatakan sampai saat ini pihaknya belum ada menerima informasi terkait kartu Pra Kerja.

Pihaknya saat ini hanya diberitahu tentang laman website untuk pendaftaran kartu Pra Kerja.

“Linknya bisa dibuka di kemnaker.go.id, linknya sudah kita taruh di papan pengumuman Disnaker,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Tabalong, Suhartojo mengatakan saat ini belum ada sosialisasi yang jelas untuk kartu Pra Kerja.

Walaupun ada kabar bulan Maret diluncurkan. “Ini sudah memasuki bulan maret, namun belum ada informasi lagi dan siapa yang mengkordinir server untuk tiap kabupatennya, kita belum tahu,” ujarnya.

Ia menjelaskan kartu Pra Kerja sendiri selain untuk mencari kerja juga digunakan untuk pelatihan dan pembinaan terhadap pemilik kartu.

Syaratnya yakni Warga Negara Indonesia (WNI), tidak sedang mengikuti pendidikan, berusia di atas 18 tahun dan belum bekerja. Namun, katanya yang di utamakan mendapat kartu Pra Kerja yakni akan diberikan kepada para pengantin baru yang masuk kategori miskin.

“Kartu ini juga akan menyasar buruh yang terkena pemotongan hak kerja (PHK) dan para pencari kerja. Mereka yang di utamakan menerima kartu Pra Kerja,” pungkasnya. (tim)