Pandemi Covid – 19, Warga Dihimbau Lakukan Gerakan Masyarakat Sehat

 164 total views,  1 views today

Foto : Istimewa

Tanjung, Mercubenua.net – Menyebarnya Pandemi Covid – 19 di Indonesia, Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong kembali mengajak seluruh masyakarat Bumi Sarabakawa menerapkan pola hidup sehat.

Diantaranya dengan mengkonsumsi makanan kaya kandungan vitamin dan protein serta mencuci tangan. Selain itu masyarakat juga diingatkan agar tidak bersentuhan langsung dan menghindari kerumunan orang.

Sebelumnya, Bupati Tabalong sudah membuat beberapa imbauan lewat surat edaran terkait Pandemi Covid – 19, diantaranya masyarakat dihimbau untuk melakukan pencegahan dini penyebarannya dengan melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Salah satunya seperti melakukan Gerakan berjemur pagi di mulai pukul 10.00 – 12.00 Wita dengan durasi kurang lebih 15 menit.

Rangkaian himbauan dari pemerintah adalah dengan tujuan untuk memutuskan mata rantai penyebaran Virus Corona.

Sementara menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Virus Corona Tabalong, dr. Taufiqurrahman kepada wartawan, Kabupaten Tabalong masih terbanyak di Kalimantan Selatan jumlah ODP (Orang Dalam Pengawasan) dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan) terkait Virus Covid-19.

Berdasarkan data terbaru Jum’at (27/3/2020) dari Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Virus Corona Tabalong, jumlah ODR (Orang Dalam Resiko) 395 orang, ODP 167 orang dan PDP 2 orang.

Data tersebut di peroleh dari hasil screening di seluruh puskesmas, RSUD H Badaruddin Kasim dan RS Pertamina serta klinik-klinik perusahaan tambang.

Terkait dengan data tersebut, dirinya mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak panik berlebihan namun tetap waspada. “Pasien PDP masih belum tentu positif, kita tunggu dan do’akan mudahan sembuh serta semoga negatif corona,” katanya. (mercubenua)