Bupati Tabalong Ajak Masyarakat Manfaatkan Sinar Ultraviolet

 113 total views,  1 views today

Foto : Istimewa

Upaya Mencegah Penularan Covid – 19

Tanjung, Mercubenua.net – Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani dan Waklinya, H. Mawardi bersama jajarannya berjemur diri di Halaman Belakang Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Tabalong, Kamis, (26/3/2020).

Hal tersebut dilakukan untuk memanfaatkan Ultraviolet B melalui sinar matahari sebagai upaya pencegahan penularan virus covid 19. Kegiatan berjemur ini dilakukan selama 15 menit dari pukul 10.00 – 10.45 Wita.

Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani mengatakan, dilihat dari kesehatannya orang Tabalong ini cukup bagus, dilihat dari Index Pembangunan Manusia (IPM) kita peringkat 3 di Kalsel.

“Itu artinya derajat kesehatan kita bagus, karena urusan berjemur dan mendapatkan sinar ultraviolet ini sejak jaman datu nenek sudah dilakukan dengan turun ke sawah dan ke kebun,” ujar Anang.

Lanjut Bupati, berjemur adalah salah satu kearifan lokal, sementara pihaknya juga mendapatkan masukan dari kesehatan bahwa kegiatan ini bagus untuk mendapatkan sinar ultraviolet.

“Ini adalah kearifan lokal, kami juga mendapatkan masukan dari kawan-kawan dikesehatan, berjemur ini bagus untuk mendapatkan sinar ultraviolet ini. Kemudian kita gabungkan antara kearifan lokal dan tinjauan teman-teman kesehatan untuk berjemur karena ini baik,” jelas Anang.

Anang berharap berharap apa yang dilakukan pihaknya ini akan terus berlanjut. “Gerakan berjemur 15 menit mulai jam 10 pagi ini kita lakukan sampai tanggal 22 April 2020 atau 2 hari sebelum memasuki bulan Ramadan. Kalau bulan Ramadan menyesuaikan saja, misalnya bagi umat muslim setelah Salat Dhuha berjemur,” tambah Bupati lagi.

Sebelumnya Bupati Tabalong mengeluarkan surat edaran yang berisi himbauan. Terhitung, sejak (25/3/2020) ASN, TNI,  POlRI, Karyawan dan masyarakat Tabalong diimbau  berjemur diri selama 15 menit setiap harinya.

Selain itu, tepat pukul 10.00 Wita semua kantor dan tempat ibadah diharapkan membunyikan alarm atau sirine sebagai tanda dimulainya gerakan berjemur dilingkungan masing masing.

Gerakan berjemur disinar matahari ini bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan virus penyakit termasuk diantaranya Covid-19.

Camat diminta meneruskan pesan gerakan berjemur pukul 10.00 wita kepada para lurah dan kepala desa untuk disampaikan kepada masyarakat Tabalong. (mercubenua)