RSU Tanjung Lama akan Difungsikan Kembali

 127 total views,  1 views today

Foto Istimewa

Pusat Penanganan Covid -19 di Tabalong

Tanjung, Mercubenua.net – Sebagai pusat penanganan Cobid – 19 di Bumi Sarabakawa, Pemerintah Kabupaten Tabalong akan fungsikan kembali Rumah Sakit Lama (RSU Tanjung) yang sebelumnya sudah berhenti operasi beberapa waktu lalu karena telah pindah ke RSUD Badarudin Kasim di Maburai, Kecamatan Murung Pudak.

Kembali berfungsinya faskes terrsebut tidak menutup kemungkinan juga akan dimanfaatkan oleh masyarakat provinsi tetangga seperti Kalteng dan Kaltim.

Kepastian akan kembali berfungsinya RSU Tanjung di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kecamatan Tanjung disampaikan Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani melalui jumpa pers, Selasa (7/4/2020), di Ruang Ex. Bupati Tabalong.

Lanjut Bupati Tabalong kembali digunakannya RSU Tanjung lama tersebut merupakan kesiapan untuk mengantisipasi apabila terjadinya lonjakan Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan isolasi untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Ini untuk mengantisipasi kalau terjadi peningkatan Orang Dalam Pemantauan (ODP) bahkan sampai ke isolasi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) pun kita akan siap” ujar Bupati Tabalong.

Selain hal tersebut, posisi Kabupaten Tabalong yang berada dilintasan provinsi, yakni Kalsel, Kaltim dan Kalteng menjadi pertimbangan untuk kembali difungsikannya RSU Tanjung lama.

Bupati mengungkapkan untuk tahap pertama pihaknya akan menggunakan tiga ruangan besar, yaitu Ruang Super VIP, Ruang VIP dan Ruang Anak untuk segera dilakukan renovasi dan dilengkapi peralatan kesehatan.

“Ada tiga ruang besar, dulu disebut ruang super VIP, kemudian ruang VIP dan ruang anak itu segera kita renovasi dan ditambah dengan peralatan kesehatan dan sebagainya akan dilengkapi,” terangnya.

Diketahui, hingga hari ini data Covid -19 di Tabalong menyebutkan ada penurunan ODP menjadi 99, 162 sudah selesai pemantauan, tiga PDP ringan dan dua terkonfirmasi positif terpapar virus corona. (mercubenua)