Bupati Tabalong : TMMD Banyak Berikan Manfaat

 54 total views,  1 views today

Foto : Istimewa

“Beberapa tahun yang lalu kegiatan TMMD sudah dapat melaksanakan kegiatan pembangunan infrastruktur dan mengentaskan lima desa terpencil di kabupaten Tabalong. Lima desa terpencil ini yaitu Panaan, Dambung Raya, Hegar Manah, Muara Kumap dan Salikung”, kata Anang dalam sambutan.

Tanjung, Mercubenua.net – Pelakasanaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 110 Kodim 1008/Tanjung di desa Lok Batu kecamatan Haruai Selasa (2/3/2021) kemaren meliputi pembangunan fisik dan non fisik. Hal tersebut disampaikan Dandim 1008/Tanjung, Letkol Inf Ras Lambang Yudha, di Pendopo Bersinar.

Sasaran fisik pad program TMMD ke 110 meliputi pembuatan badan jalan dari Desa Lok Batu ke Kembang Kuning sepanjang 3,4 kilometer dengan lebar 7 meter, drainase sepanjang 3,4 kilometer dengan lebar masing-masing 0,5 meter dan 3 unit jembatan box culvert.

Termasuk juga pembangunan fisik yang menjadi sasaran tambahan yaitu pembuatan pagar mesjid sepanjang 41 meter dan bedah rumah sebanyak dua unit serta pembuatan pos kamling juga dua unit.

Sementara untuk  sasaran non fisik pada TMMD ke 110 diantaranya meliputi Bakti Sosial, Donor Darah, Pelayanan KB, Posbindu Dan Perpustakaan Keliling.

Lanjut Dandim, kesempatan TMMD tersebut pihaknya juga melakukan edukasi dan penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penanggulangan bencana, penyuluhan pertanian dan perikanan, sosialisasi kesehatan, penyuluhan narkoba, tata tertib lalu lintas dan penyuluhan peningkatan pendidikan, termasuk protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19.

Dandim mengatakan melalui peningkatan pembangunan fisik dan non fisik di wilayah pedesaan, tujuan kegiatan TMMD dilakukan untuk membantu pemerintah daerah.

Sementara Bupati Tabalong, H. Anang Syakfiani, menilai dalam prakteknya TMMD telah banyak memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat terutama di Kabupaten Tabalong.

Ia menyampaikan berdasarkan evalusi, TMMD menunjukan manfaat yang sangat besar dalam rangka percepatan pembangunan baik fisik dan non fisik. Termasuk memberikan dampak yang sangat positif bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Beberapa tahun yang lalu kegiatan TMMD sudah dapat melaksanakan kegiatan pembangunan infrastruktur dan mengentaskan lima desa terpencil di kabupaten Tabalong. Lima desa terpencil ini yaitu Panaan, Dambung Raya, Hegar Manah, Muara Kumap dan Salikung”, kata Anang dalam sambutan.

Menurutnya dalam kegiatan fisik, selain terjangkau dan berkualitas baik, program TMMD lebih mengutamakan membangun infrastruktur, sarana dan prasarana yang menjadi kebutuhan dan menyentuh langsung kepentingan masyarakat.

“Membantu membuka daerah terpencil dengan akses yang lebih luas untuk pemasaran hasil pertanian guna mendukung pertumbuhan ekonomi di kabupaten Tabalong. Sedangkan sasaran non fisik berdampak untuk mendorong tumbuhnya motivasi dan kreatifitas masyarakat desa dalam meningkatkan kualitas hidup menuju kehidupan sosial yang lebih maju, sejahtera dan mandiri”, pungkasnya. (mercu)