Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Balangan, Mendikbudristek: Merdeka Belajar untuk Kembangkan Karakter dan Kompetensi Siswa

 133 total views,  1 views today

Gambar: Bupati Balangan, H Abdul Hadi

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Balangan”, tambah Bupati H Abdul Hadi.

PARINGIN, Mercubenua.net – Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim dalam sambutan tertulisnya pada peringatan Hari Pendidikan Nasional di Kabupaten Balangan, mengajak untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar untuk membawa Indonesia melompat.

Pasalnya merdeka belajar ini bertujuan agar para peserta didik mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

“Sebanyak 34 episode merdeka belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara”, ujar Mendikbudristek dalam sambutan yang dibacakan Bupati Balangan H Abdul Hadi dalam apel peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 di Halaman Kantor Setda Balangan, Selasa (2/5/2023) tadi.

Mendikbudristek menyebutkan anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Disamping menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi.

Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum merdeka.

Dari segi pendanaan, pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah dan Bantuan Operasional Pendidikan ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

“Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang jauh lebih terbuka”, ujannya.

Dalam kesempatan tersebut H Abdul Hadi mengungkapkan semakin majunya kabupaten Balangan berkat kualitas pendidikan dengan yang berhasil ditingkatkan.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Balangan”, tambah Bupati H Abdul Hadi. (mer/din)