Nan Sarunai Tabalong Festival Kokohkan Persatuan Songsong IKN

 229 total views,  1 views today

“Untuk memperkenalkan seni budaya daerah sekitar IKN kepada masyarakat luar dan memperkenalkan seni budaya luar kepada masyarkat sekitar IKN”, ujar Anang.

TANJUNG, Mercubenua.net – Nan Sarunai Festival salah satu rangkaian kegiatan memeriahkan Hari Jadi Ke – 58 Kabupaten Tabalong diharapkan bisa menjadi even tahunan bahkan masuk dalam Kalender Pariwisata Nusantara.

“Kita akan bertekad ini menjadi event tahunan setiap bulan Desember,” kata Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani saat opening ceremony Nan Sarunai Festival Tabalong 2023, Sabtu (9/12/2023) di halaman Pendopo Bersinar Pembataan.

Nan Sarunai Festival tidak saja untuk memeriahkan Hari Jadi saja. Namun lebih jauh ialah sebagai salah satu langkah untuk untuk mengokohkan persatuan dan kesatuan dalam rangka menyongsong Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur melalui hazanah budaya bangsa Indonesia yang ada di Kabupaten Tabalong .

“Untuk memperkenalkan seni budaya daerah sekitar IKN kepada masyarakat luar dan memperkenalkan seni budaya luar kepada masyarkat sekitar IKN”, ujar Anang.

Sementara, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tabalong Abdul Halim, menjelaskan Nan Sarunai Festival 2023 bertujuan mengenalkan seni dan budaya yang dimiliki masing-masing daerah. Termasuk kebudayaan yang ada di luar Pulau Kalimantan.

“Ini pertama kali di Tabalong, kita agendakan tiap tahun. Mudahan tahun depan kekurangan-kekurangan dapat diperbaiki,” pungkasnya. (mer/din)