Tingkatkan Kesehatan Unggas, Ternak Bebek Akan Diberi Vaksin

 83 total views,  1 views today

Gambar: Istimewa

“Vaksinasi kedua itu dilakukan untuk meningkatkan produksi telur itik, sehingga dilakukan jelang masa produksi telur, atau sekitar 5 hingga 6 bulan ke depan,” ungkapnya.

TANJUNG, Mercubenua.net – Sekitar 15.000an ternak bebek di Kabupaten Tabalong diberi vaksinasi ND-AI.

Langkah yang dilakukan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Tabalong itu untuk meningkatkan kesehatan ternak unggas, terutama mencegah Virus Flu Burung.

Ribuan ternak bebek yang divaksinasi diantaranya bebek bantuan tahun 2023, sekitar 7 ribuan Bebek Mojosari yang sudah diserahkan kepada 5 kelompok ternak.

Tiga dari Kecamatan Pugaan, satu dari Kecamatan Benua Lawas dan satu dari Kecamatan Kelua.

Kepala Disbunnak Tabalong Saleh, menjelaskan vaksinasi terhahadap ternak bebek salah langkah untuk mendukung ekonomi kerakyatan dengan peningkatan pendapatan melalui kerja sampingan.

“Selama ini kan warga kebanyakan bertani padi, nah ini kita berikan bantuan agar ada pendapatan sampingan,” jelas Saleh, beberapa waktu lalu, di Tanjung.

Lanjutnya, sebenarny Program Vaksinasi ND-AI tidak dilakukan untuk ternak bebek pada kelompok ternak yang mendapat bantuan saja.

“Para petugas akan terjun langsung ke lapangan melakukan vaksinasi hingga akhir tahun 2023,” tambahnya.

Ia mengungkapkan vaksinasi lanjutan untuk ternak bebek akan dilakukan pada APBD tahun 2024.

“Vaksinasi kedua itu dilakukan untuk meningkatkan produksi telur itik, sehingga dilakukan jelang masa produksi telur, atau sekitar 5 hingga 6 bulan ke depan,” ungkapnya. (mer/din)