Disentuh Program BSPS, Rumah Pak Mul Kini Tidak Kebanjiran Lagi

 87 total views,  1 views today

Gambar: Baru selesai, Rumah Pak Mul nampak depan

“Kita sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pemerintah Daerah dan kepada Bu Hj Noor Farida atas perjuangannya,” ujar Pak Mul.

TANJUNG, Mercubenua.net – Rumah Pak Mul (51) di Jalan Ahmad Yani Desa Pugaan Kecamatan Pugaan, satu diantara banyak rumah warga yang sering terdampak banjir apabila Sungai Tabalong meluap.

Setiap kali terjadi banjir, Pak Mul selalu sibuk untuk membereskan dan menyelamatkan sejumlah barang seperti perabotan dan barang berharga lainnya ketempat yang lebih tinggi dan aman.

Kini Pak Mul tak khawatir lagi rumahnya akan mengalami kebanjiran. Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kabupaten Tabalong sudah hadir dan sangat membantu dalam menolong warganya meningkatkan Rumah Layak Huni.

Program BSPS adalah bantuan dari Negara yang dilaksanakan dengan skema Padat Karya Tunai (PKT) untuk mendorong keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumah.

Program BSPS merupakan bantuan perbaikan atau renovasi yang dilakukan oleh masyarakat penerima bantuan, terutama Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Setiap penerima program BSPS mendapatkan dana senilai Rp20 juta, dengan sebagian besar digunakan untuk pembelian bahan bangunan dan upah tukang.

Pemkab Tabalong melalui Dinas Perkimtan setempat kembali menyalurkan Bantuan BSPS tahun 2023 pada tahap II sebanyak 490 unit rumah tidak layak huni yang tersebar di seluruh wilayah Tabalong, baik dari lingkungan kumuh maupun non-kumuh.

Penerima bantuan BSPS ini dipilih dari berbagai usulan, mulai dari musrembang, usulan masyarakat, usulan aparat desa, maupun pokok pikiran DPRD.

Rasa syukur dan bangga diungkapkan Pak Mul untuk Hj Noor Farida yang sebelumnya menjabat sebagai Anggota DPRD Tabalong.

Sebelum mengundurkan diri dan selama menjadi anggota DPRD Tabalong Hj Noor Farida terus konsisten membantu dan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Termasuk memperjuangkan harapan setiap warga yang memohon berbagai bantuan. Diantaranya meningkatkan rumah layak huni melalui program BSPS atau yang dikenal dengan Bedah Rumah.

Penerima bantuan program BSPS, seperti Pak Mul, mengungkapkan bahwa proses pembangunan bedah rumah berjalan dengan baik dan tanpa kendala.

“Kita sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pemerintah Daerah dan Bu Hj Noor Farida atas perjuangannya,” ujar Pak Mul, belum lama tadi di Pugaan.

Ia berharap Hj Noor Farida dapat terpilih kembali menjadi anggota DPRD Tabalong Dapil II (Kelua, Pugaan, Benua Lawas dan Muara Harus) untuk terus memperjuangkan program BSPS.

“Kita sangat membutuhkan dukungan pembangunan infrastruktur baik jalan maupun pembangunan lainnya, termasuk bantuan bedah Rumah. Mudahan melalui Aspirasi Bu Hj Noor Farida proses pembangunan lebih cepat dan bisa berdampak positif kepada perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (mer/din)