Terus Berbenah, ODTW Dewata Balarutan Wayau Bangun Sirkuit Sepeda Mini Cross

 1,080 total views,  1 views today

“Selain untuk burung berkicau, ini bisa menjadi wadah bagi yang hobi sepeda mini cross,” kata Horman.

TANJUNG, Mercubenua.net – Objek wisata di Kabupaten Tabalong terus berbenah. Salah satunya seperti yang dilakukan Obyek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) Dewata Balarutan Desa Wayau Kecamatan Tanjung. 

Objek wisata yang berlatar belakang wisata alam dan buatan itu sejak beberapa tahun lalu dikelola oleh masyarakat Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) setempat, pembenahannya dilakukan secara rutin dan perlahan serta selangkah demi selangkah terus bergerak mengikuti perkembangan zaman serta berupaya memberikan yang terbaik untuk pengunjung. 

Terbaru, pengelolanya kembali membangun sebuah wahana baru di objek wisata tersebut yaitu sirkuit sepeda mini cross.  Pembangunan wahana tambahan itu adalah upaya dalam menarik wisatawan. 

Hormansyah, salah satu pengelola ODTW Dewata Balarutan mengatakan pembangunan sirkuit sepeda mini cross ini untuk menambah daya tarik obyek wisata di Desa Wayau. 

“Sebelumnya kita sudah membangun gantungan burung untuk keperluan perlombaan burung berkicau, sekarang kita bangun sirkuit sepeda mini cross,” ujarnya. 

Tak hanya untuk hobi memelihara burung berkicau, Horman menjelaskan ODTW Dewata Balarutan bisa menjadi wadah bagi siapa saja yang suka berolahraga sepeda mini cross. 

“Selain untuk burung berkicau, ini bisa menjadi wadah bagi yang hobi sepeda mini cross,” kata Horman. 

Pengelola objek wisata yang juga salah satu pegiat LSM di Tabalong itu menjelaskan, pembenahan obyek wisata tersebut adalah langkah untuk terus menghidupkan geliat objek wisata  menggerakkan perekonomian masyarakat, khususnya bagi warga Desa Wayau. 

Ia menambahkan untuk mengenalkan dan meresmikan wahana baru itu, dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengadakan lomba sepeda mini cross untuk skala lokal. 

“Untuk peresmiannya, pertama akan kita adakan lomba untuk skala lokal,” tambahnya.

Diketahui, tak hanya membangun sirkuit, pengelola juga membangun fasilitas pendukung seperti WC Kamar Mandi hingga Gazebo. 

Bagi para angler atau pemancing, kesempatan berkunjung ke ODTW Dewata Belarutan bisa dimanfaatkan  mencari ikan. 

Pasalnya selain ada wahana buatan, di tempat wisata tersebut juga menyajikan hamparan batu alam ditengah sungai Wayau. Masyarakat setempat menyebutnya “Batu Ampar”.

Beragam ikan air tawar ada disungai itu, dari ukuran besar hingga kecil. Jenisnya pun beragam, mulai dari ikan tawes, haruan, baung, tilan hingga lainnya bahkan kura-kura jenis Bidawang. 

Pengunjung juga dapat memanfaatkannya untuk membersihkan diri atau mandi menikmati hamparan batu, bagi yang beruntung akan dapat memungut keong jenis Katuyung. (mer/din)