Sanggam Bakabun Bantu Masyarakat Bebas Dari Jeratan Rentenir

 21 total views,  2 views today

Bupati Balangan saat tinjau stand UMKM beberapa waktu lalu. (Gambar: Istimewa)

”Dulu susah mas, bukan tidak tahu tapi kalau gak minjam bagaimana mau mempertahankan usahanya. Syukur sekarang ada program kredit tanpa bunga itu, tidak lagi memakai jasa rentenir,” jelasnya.

PARINGIN, Mercubenua.net – Komitmen Bangun Ekonomi Kerakyatan dan Mendorong Jiwa Wiraswasta di kalangan masyarakat yang selama ini kebanyakan sangat bergantung dengan pihak ketiga terkait permodalan, Pemkab Balangan hadirkan program Sanggam Bakabun.

Program Sanggam Bakabun dapat dimanfaatkan masyarakat Balangan untuk mengembangkan usaha.

Jika selama ini sebagian masyarakat sangat bergantung dengan pinjaman-pinjaman yang tidak jelas untuk mengembangkan usahanya dan jatuh bangun hingga sampai terjerat dengan rentenir, Program Sanggam Bakabun adalah yang sebaliknya.

Langkah Pemkab Balangan melalui program tersebut adalah salah satu solusi untuk membesarkan usaha masyarakat dan membebaskannya dari aksi rentenir yang sangat merugikan.

Program perkreditan yang diluncurkan setahun silam dengan menyiapkan pinjaman tanpa bunga itu dinilai mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi warga sebagai pelaku usaha atau UMKM.

Hal tersebut disampaikan Norliyani salah satu pelaku UMKM di Kecamatan Batu Batumandi yang merasakan manfaat Program Sanggam Bakabun.

“Ini sangat membantu dan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan,” ujar Liyani, belum lama tadi di Paringin.

Sebelumnya, ungkap Liyani untuk mempertahankan usahanya ia kerap meminjam modal yang harus dibayarkan perhari, perminggu atau perbulan.

”Dulu susah mas, bukan tidak tahu tapi kalau gak minjam bagaimana mau mempertahankan usahanya. Syukur sekarang ada program kredit tanpa bunga itu, tidak lagi memakai jasa rentenir,” jelasnya.

Diketahui, sebelumnya Bupati Balangan H Abdul Hadi menegaskan komitmen untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakt melalui pembangunan berkualitas, membangun ekonomi rakyat dan mendorong jiwa wiraswasta di masyarakat.

”Kita berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” tegas Bupati Balangan, H Abdul Hadi.

Ia berharap seluruh pihak dapat proaktif melaksanakan fungsi pembinaan dan pendampingan dalam pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (mer/din)