Tim Evaluator Kemendari Nilai Kinerja Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah: Bahan Pihaknya Tingkatkan Kinerja

 898 total views,  2 views today

Gambar: Diskominfo Tabalong

“Ini menjadi bahan yang sangat penting bagi kami pribadi untuk menjalankan tugas di Tabalong”, ucap Hj Hamida Munawarah.

JAKARTA, Mercubenua.net – Penjabat Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah memaparkan capaian kinerja pasca 3 bulan menjabat dihadapan tim Evaluator Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Selasa (02/07) kemaren, di Jakarta.

Dihadapan 8 orang Evaluator yang terdiri dari Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah (PPUPD) dan Inspektur Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Hj Hamida Munawarah melaporkan hasil kinerjanya selama 3 bulan semenjak di lantik menjadi Penjabat Bupati Tabalong.

Inspektur II Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Ucok Abdulrauf Damenta menyatakan bahwa tim Evaluator Kinerja Penjabat Kepala Daerah sepakat bahwa kinerja dari Hj Hamida Munawarah dinilai baik walaupun masih ada beberapa catatan yang harus dibenahi. 

Namun tim evaluator Inspektorat Jenderal Kemendargi terkait memaklumi kesulitan yang dihadapi Penjabat Kepala Daerah di triwulan awal menjabat. 

“Untuk menjabat selama 3 bulan awal, kinerja ibu penjabat Bupati Tabalong cukup baik”, sebut Inspektur II Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri.

Beliau juga memberi catatan khusus untuk realisasi APBD Kabupaten Tabalong yang baru mencapai 30,96 % disemester kedua Tahun Anggaran 2024 yang harus segera dibenahi oleh Penjabat Bupati Tabalong. 

“Kinerja Hj Hamida Munawarah terkait realisasi APBD sudah bagus dengan memetakan kendala dan masalah kecilnya realisasi APBD Kabupaten Tabalong Tahun Anggaran 2024,” katanya

Sementara, Pj Bupati Tabalong mengaku sangat bersyukur mendapat banyak saran, masukan dan catatan dari tim evaluator.

“Ini menjadi bahan yang sangat penting bagi kami pribadi untuk menjalankan tugas di Tabalong”, ucap Hj Hamida Munawarah.

Senada dengan Pj Bupati Tabalong, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong, M Fitri Hernadi yang turut mendampingi Evaluasi Kinerja Pj Bupati menyampaikan bahwa catatan dan masukan dari Tim Evaluator akan segera ditindaklanjuti agar pada evaluasi kinerja Pj Bupati Tabalong selanjutnya sudah ada progress yang signifikan.

“Akan dibuat quickwin untuk semua SKPD”, jelas Pj Sekda Tabalong.

Sebagai informasi, evaluasi kinerja Penjabat Bupati Tabalong akan dilakukan secara berkala per tiga bulan sampai dengan Bupati Tabalong Definitif dilantik.

Diketahui, Dari 10 indikator capaian kinerja yang dipaparkan oleh Hj Hamida Munawarah terkait inflasi, stunting, pelayanan publik, pengangguran, kemiskinan ekstrem, kesehatan, pengelolaan BUMD, Perijinan dan Penyerapan Anggaran, semuanya mendapat sejumlah catatan dari 8 evaluator yang terdiri dari dari Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah (PPUPD) dan Inspektur Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri.

Termasuk terkait realisasi anggaran yang mendapat catatan dari tim evaluator untuk agar segera dibenahi oleh Penjabat Bupati Tabalong. (*/mer)