Polres Tabalong Musnahkan Barang Bukti Sabu 44,28 Gram

 47 total views,  3 views today

Ket: Wakapolres Tabalong, Kompol Reza Bramantya, S.I.K memblender barang bukti sabu-sabu untuk dimusnahkan, di Depan Ruang Kerja Sat Resnarkoba Mapolres Tabalong, Selasa (5/10/2021).

TANJUNG, Mercubenua.net – Sebanyak 11 bungkus kantong plastik klip sabu barang bukti yang disita dari penangkapan tersangka FRI alias Panji dimusnahkan.

Pemusnahan barang bukti sabu seberat 44,28 gram dengan cara diblender dan dibuang ke dalam wastafel toilet.

Hadir dalam acara pemusnahan barang bukti perwakilan dari Kejaksaan Negeri Tabalong, Pengadilan Negeri Tabalong, BNN Kabupaten Tabalong, Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, Penasehat Hukum Tersangka serta dihadirkan tersangka FRI alias Panji (31), warga Kelurahan Hikun Kecamatan Tanjung yang ditangkap dikediamannya di Unggung Kelurahan Belimbing Kecamatan Kalimantan Selatan.

Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin, S.H., S.I.K., M.Med. Kom diwakili Kompol Reza Bramantya, S.I.K. Wakapolres Tabalong pimpin kegiatan Pemusnahan Barang Bukti Narkotika Jenis Sabu – Sabu di depan Ruang Kerja Sat Resnarkoba Mapolres Tabalong, Selasa( 5/10/ 2021) tadi.

Wakapolres Tabalong Kompol Riza Bramantya, S.I.K. didampingi Kasat Resnarkoba Polres Tabalong Iptu Sutargo, S.H., Kasi Humas Polres Tabalong Iptu Mujiono dan KBO Satresnarkoba Polres Tabalong.

Pemusnahan barang bukti ini dalam rangka pelaksanaan pasal 91 ayat (2) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika yang berbunyi Barang sitaan Narkotika dan Prekursor Narkotika yang berada dalam penyimpanan dan pengamanan penyidik yang telah ditetapkan untuk dimusnahkan, wajib dimusnahkan dalam waktu paling lama 7 (tujuh) hari terhitung sejak menerima penetapan pemusnahan dari Kepala Kejaksaan Negeri setempat.

Tujuan dari Pemusnahan barang bukti ini agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan dalam penanganan perkara ini.

Diketahui dari tangkapan FRI alias Panji, Barang bukti yang disita 13 bungkus plastik klip yang berisi serbuk kristal yang diduga narkotika golongan I jenis sabu-sabu dengan berat bersih 44,74 Gram. Dengan rincian 10 paket plastik klip besar antaranya 4,44 gram sejumlah 3 paket, 4,45 gram sejumlah 2 paket, 4,46 gram sejumlah 2 paket, 3,11 gram sejumlah 1 paket, 4,19 gram sejumlah 1 paket dan 4,23 gram sejumlah 1 paket.

Selanjutnya 3 paket plastik klip kecil dengan rincian 0,29 gram sejumlah 1 paket, 0,17 gram sejumlah 1 paket dan 1,61 gram sejumlah 1 paket.

Kemudian disisihkan untuk pemeriksaan Laboratorium POM Banjarmasin 0,17 Gram dan 0,29 Gram sebagai Pembuktian di Pengadilan Negeri Tanjung.

Selanjutnya 11 bungkus plastik klip diduga narkotika jenis sabu-sabu berat total 44,28 gram. Dimusnahkan dengan cara di Blender dan dicampur deterjen serta dibuang ke lubang septic tank (ril/din)