Inovasi Si Langkar, Upaya Dinas PUPR-Perkim Balangan Tingkatkan Layanan

 689 total views,  1 views today

Gambar: Aplikasi Si Langkar (PURR-Perkim Balangan)

Ayo, belapor ke Si Langkar amun buhan pian diBalangan ada nang rusak irigasinya!!!

PARINGIN, Mercubenua.net – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUPR-Perkim) Kabupaten Balangan sejak bulan Maret tahun 2023 telah memiliki sebuah wadah untuk menampung laporan kerusakan irigasi.

Seluruh masyarakat terutama petani yang bersentuhan langsung dengan pemanfaatan irigasi dapat dengan mudah menyampaikan aduan, keluhan dan laporan terkait kondisi irigasi yang ada di wilayah Kabupaten Balangan secara online.

Sebuah kemudahan untuk keperluan masyarakat itu, disediakan Dinas PUPR-Perkim Balangan melalui sebuah Inovasi yang bertajuk Si Langkar.

Melalui Si Langkar itulah masyarakat dapat menyampaikan setiap aduan atau laporan terkait kondisi irigasi yang ada di Balangan.

Salah satu contoh desa yang telah melaporkan kondisi irigasinya yang mengalami kerusakan secara online kepada Dinas PUPR-Perkim Balangan melalui Si Langkar adalah Desa Baruh Panyambaran Kecamatan Halong.

Bergerak cepat, Pemerintah Kabupaten Balangan melalui PUPR-Perkim melalui anggaran perubahan tahun 2023, laporan kerusakan tersebut direalisasikan dengan Pembangunan irigasi di Desa Baruh Panyambaran.

Salah satu petani di Desa Baruh Panyambaran sempat mengaku bingung kemana menyampaikan aduan terkait kondisi irigasi agar cepat mendapat tanggapan. Kemudian melalui P3A, mereka memanfaatkan Inovasi Si Langkar untuk menyampaikan hal tersebut.

“Terima kasih Pemkab Balangan, mudahan Inovasi Si Langkar terus memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin melaporkan kerusakan irigasi ditempatnya. Ini sangat penting untuk meningkatkan produktivitas hasil panen para petani di Kabupaten Balangan,” ujarnya, belum lama tadi di Paringin.

Diketahui, layanan Dinas PUPR-Perkim Kabupaten Balangan terkait laporan kerusakan bangunan irigasi irigasi secara online dapat dilakukan melalui web si langkar di https://www.silangkar.online/index?alert ataupun dengan aplikasi si langkar yang bisa didownload pada https://play.google.com/store/apps/details?id=com.balangankab.silangkar pada setiap android di playstore. (mer/din)