Inovasi Gelisah Si Dara Manis, Langkah Puskesmas Awayan Optimalkan Pengobatan Hipertensi dan Diabetes Melitus

 978 total views,  7 views today

Gambar: Istimewa

“Tujuan inovasi ini untuk mengoptimalkan pengobatan Penyakit Hipertensi dan Diabetes Melitus di UPT Puskesmas Awayan,’’ ujar Kepala Puskesmas Awayan.

PARINGIN, Mercubenua.net – Masuk kedalam 10 penyakit terbanyak yang ditangani UPTD Puskesmas Awayan pada tahun 2023, Penyakit Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi) dan Diabetes Melitus (Kencing Manis) menjadi perhatian serius bersama.

Mengoptimalkan pengobatan dan kesadaran masyarakat terhadap penyakit Hipertensi dan Diabetes Melitus, UPTD Puskesmas Awayan Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan menerapkan Inovasi Gelisah Si Dara Manis.

Kepala UPTD Puskesmas Awayan mengatakan dalam Inovasi Gelisah Si Dara Manis setiap pasien penderita penyakit Hipertensi dan Diabetes Melitus akan diberikan kartu kendali untuk meningkatkan pengobatan rutin agar menurunkan komplikasi penyakit akibatkan jika tidak teratur dan rutin dalam mengonsumsi obat.

“Tujuan inovasi ini untuk mengoptimalkan pengobatan Penyakit Hipertensi dan Diabetes Melitus di UPT Puskesmas Awayan,’’ ujar Kepala Puskesmas Awayan, beberapa waktu lalu di Paringin.

Lanjutnya, Inovasi Gelisah Si Dara Manis Puskesmas Awayan untuk meningkatnya kesadaran terhadap pentingnya berobat rutin bagi pasien penyakit hipertensi dan Diabetes Melitus agar dapat menurunkan resiko komplikasi penyakit.

Permasalahan hipertensi dan diabetes melitus akan terus muncul apabila terapi yang dilakukan oleh pasien tidak

teratur. Terapi tersebut bersifat berkelanjutan dan juga rutin melakukan pemeriksaan secara teratur dimana minimal setiap 1 bulan sekali harus melakukan cek up serta harus disertai dengan perubahan gaya hidup yang bersih dan sehat.

“Kemenkes RI memiliki program promosi kesehatan mencegah dan mengendalikan hipertensi yaitu dengan gaya hidup CERDIK dan PATUH. Semetara bagi pengidap diabetes mellitus agar secara teratur melakukan pemeriksaan minimal setiap 1 bulan sekali melakukan cek up,” katanya.

Diketahui, Berdasarkan jumlah kunjungan UPT Puskesmas Awayan tahun 2023 sebanyak 17.432. untuk pasien Hipertensi sebanyak 2320 kunjungan dan Diabetes Melitus sebanyak 2150 kunjungan.

Beberapa waktu menerapkan Inovasi Gelisah Si Dara Manis, capaian target kinerja UPTD Puskesmas Awayan terkait Program Pelayanan SPM yaitu Pelayanan Kesehatan Bagi Penderita Hipertensi dan Diabetes serta Pelayanan Kesehatan Bagi Usia Lanjut mengalami peningkatan. 

Optimalnya penerapan inovasi tersebut berdampak terhadap meningkatnya kesadaran akan pentingnya berobat rutin bagi pasien penyakit hipertensi dan Diabetes Melitus di UPTD Puskesmas Awayan.

Langkah yang dilakukan dalam menjalan inovasi ini, Puskesmas Awayan bekerjasama dengan petugas Rekam Medis, melakukan followup terhadap data pasien penyandang Hipertensi dan Diabetes Melitus yang menjadi sasaran program “PATUH” dengan memberi pasien kartu kendali berobat yang berisi waktu kontrol berobat dan jenis obat yang dikonsumsi. 

Termasuk juga bekerjasama dengan rekan pemegang Program Pos Binaan Terpadu (Posbindu) dan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). (mer/din)