Bangun Kesejahteraan Masyarakat Balangan, Abdul Hadi dan Sri Huriyati Diganjar Penghargaan Manggala Karya Kencana

 1,795 total views,  18 views today

Gambar: BKKBN Kalsel

“Ini menjadi satu kebanggaan kita masyarakat Balangan. Untuk itu kami mengucapkan selamat untuk Bapak Bupati dan Istri,” sebutnya. 

PARINGIN, Mercubenua.net – Dinilai memberikan dedikasi yang besar dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan Program Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (KB) dan Pembangunan Keluarga, Bupati Balangan, H Abdul Hadi bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Balangan, Hj Sri Huriyati diganjar penghargaan Manggala Karya Kencana dari Pemerintah Pusat melalui Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.

BKKBN RI dalam acara penganugerahan di Grand Merapi Ballroom PRPP, Semarang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu, hanya menyerahkan penghargaan kepada tiga daerah untuk wilayah Kalimantan Selatan. Yakni, Kota Banjarbaru, Kabupaten HST dan Balangan. 

BKKBN RI menilai Abdul Hadi dan Sri Huriyati telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendukung program kependudukan dan keluarga berencana. Terutama dalam mensukseskan Program Bangga Kencana dan upaya percepatan penurunan stunting. 

Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo menyampaikan sesuai arahan Presiden RI, penganugerahan tanda penghargaan bidang bangga kencana (pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana) itu berfokus pada pembangunan SDM. 

Ia berharap semua daerah dapat melakukan intervensi variabel atau faktor yang efektif untuk mencegah potensi stunting baru. 

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah BBLR (Berat Badan Lahir Rendah) atau prematur, termasuk meningkatkan pengetahuan ibu.  

“Ciptakan inovasi-inovasi yang luar biasa agar faktor-faktor yang sensitif dapat ditekan dalam rangka untuk menurunkan stunting maupun mempercepat kualitas SDM menuju Indonesia Emas 2045”, kata Hasto. 

Sementara Jarkasi, salah satu warga di Kecamatan Lampihong menilai capaian tingkat nasional yang diberikan kepada Abdul Hadi dan Istri merupakan hal membanggakan dan mengharumkan nama Kabupaten Balangan. 

“Ini menjadi satu kebanggaan kita masyarakat Balangan. Untuk itu kami mengucapkan selamat untuk Bapak Bupati dan Istri,” sebutnya. 

Ia berharap Penghargaan Manggala Karya Kencana ini bisa menjadi penyemangat bagi Kabupaten Balangan agar bisa semakin turun bahkan zero kasus stunting. 

“Penghargaan ini harus menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan bekerja keras dalam menjalankan program Bangga Kencana serta upaya penurunan stunting,” pungkasnya. (mer/din)