Dukung Generasi Muda Tingkatkan Prestasi, Desa Telaga Itar Konsisten Jalankan Program Beasiswa

 2,081 total views,  34 views today

Gambar: Pemerintah Desa Telaga Itar

“Ini merupakan dukungan dan apresiasi kepada anak yang berprestasi. Komitmen kita dalam membangun SDM yang unggul di Desa Telaga Itar,” ujar Haris. 

TANJUNG, Mercubenua.net – Program inspiratif terus bertumbuhan di desa-desa Kabupaten Tabalong. Yakni memberikan beasiswa bagi warganya.

Beasiswa itu diberikan kepada setiap siswa-siswi yang memiliki prestasi dalam rangka agar terus meningkatkan semangat belajarnya. 

Sejak tahun 2021 silam, Pemerintah Desa (Pemdes) Telaga Itar Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong konsisten menjalankan Program Pemberian Beasiswa kepada setiap pelajar yang memiliki prestasi akademik di desanya. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Telaga Itar, Muhammad Haris kepada wartawan, beberapa waktu di Tanjung. 

“Program Beasiswa Prestasi sumber Alokasi Dana Desa Tahun 2024 masih dilanjutkan,” kata Muhammad Haris. 

Haris menjelaskan program tersebut merupakan salah satu komitmen Pemdes Telaga Itar untuk mendukung lahir generasi-generasi unggul dimasa mendatang. 

“Ini merupakan dukungan dan apresiasi kepada anak yang berprestasi. Komitmen kita dalam membangun SDM yang unggul di Desa Telaga Itar,” ujar Haris. 

Haris berharap warga dapat memanfaatkan program ini sebaik-baiknya untuk membantu anak-anaknya dalam meningkatkan prestasi.

Disamping meningkatkan prestasi, ia mengingatkan para pelajar agar tetap mengedepankan sikap dengan kepribadian penuh akhlak. 

“Manfaatkan program ini dengan baik, disamping prestasi akademik, menjadi seorang yang berakhlak sangat penting,” pungkasnya. 

Ia menambahkan semua kalangan di Desa Telaga Itar dapat mengakses Program Beasiswa Berprestasi ini asalkan memiliki prestasi, baik bagi warga yang kurang mampu pun sebaliknya. 

Sekedar diketahui, sejak tanggal 2 Juli-12 Juli 2024 nanti, Pemdes Telaga Itar akan melakukan Penerimaan Beasiswa Berprestasi Tahun 2024. 

Untuk masyarakat yang ingin mendaftarkan diri, khususnya bagi warga Telaga Itar dapat melengkapi sejumlah persyaratan umum dan khusus. 

Selain berdomisili ditempat, persyaratan umum mendapatkan beasiswa dari Pemdes Telaga Itar, masyarakat bisa memenuhi sejumlah syarat diantaranya ialah siswa-siswi berprestasi yang bersekolah di MIS Sinar Islam Desa Telaga Itar dan pada jenjang SD, SLTP dan SMA/Sederajat mendapatkan prestasi 1,2 dan 3. 

Sementara untuk persyaratan khusus, warga bisa melengkapi berkas dengan melampirkan Salinan atau Fotokopi KK dan Fotokopi Raport terkahir semester II tahun ajaran 2023/2024 yang sudah dilegalisir. 

Selanjutnya, warga juga perlu memenuhi sejumlah ketentuan pendaftaran. Diantaranya menyerahkan berkas ke Kantor Desa Telaga Itar pada jam kerja. 

Berkas untuk SD/Sederajat menggunakan Map Merah, SLTP/Sederajat menggunakan Map Biru dan SMA/Sederajat menggunakan Map Kuning. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Program Beasiswa Prestasi Desa Telaga Itar, warga bisa menghubungi Risa Yulida pada nomor kontak layanan 085251241548.

Selain Desa Telaga Itar, sejumlah desa lainnya di Kabupaten Tabalong juga telah menganggarkan program serupa dalam mendukung upaya pemerintah daerah untuk menciptakan generasi muda yang handal dan siap bersaing. (mer/din)