Desember Mendatang Pemkab Tabalong Gelar Festival Nan Serunai

 329 total views,  1 views today

Gambar: Bupati Tabalong besama Kepala SKPD ikuti Ekspose Progres Nan Sarunai Tabalong Festival 2023 di Aula Pendopo Bersinar, Sabtu (28/10/2023).

“Untuk memasifkan kerja bersama mewujudkan Tabalong sebagai Serambi Depan Kalsel dan mengenalkan seni budaya di sekitar IKN kepada orang luar”, kata Anang.

TANJUNG, Mercubenua.net – Pemerintah Kabupaten Tabalong akan menyelenggarakan Nan Serunai Tabalong Festival 2023 awal Bulan Desember mendatang.

Acara Nan Serunai Festival itu rencananya diadakan pada tiga titik, yaitu di Pendopo Bersinar, Taman Giat Kota Tanjung dan di Kawasan Expo Center dengan menampilkan berbagai macam Kesenian dan Kebudayaan Nusantara yang terdapat di Kabupaten Tabalong.

Tak hanya seni dan budaya Tabalong, acara itu juga akan diikuti daerah-daerah di wilayah Indonesia lainnya dengan memperagakan kesenian dan kebudayaan masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani saat diwawancara awak media usai Expose Progres Nan Serunai Tabalong Festival 2023, di Aula Pendopo Bersinar, Sabtu (28/10/2023) tadi.

Anang menjelaskan disamping mengenalkan seni dan budaya daerah dan Nusantara kepada khalayak luas, Nan Serunai Tabalong Festival merupakan salah satu langkah dalam memasifkan kerja bersama untuk mewujudkan Tabalong Sebagai Serambi Depan Kalsel penyangga IKN di Kaltim.

“Untuk memasifkan kerja bersama mewujudkan Tabalong sebagai Serambi Depan Kalsel dan mengenalkan seni budaya di sekitar IKN”, kata Anang.

Menurut Bupati keberagaman seni dan budaya yang terdapat di Kabupaten Tabalong adalah salah satu kekuatan yang turut dalam mensukseskan pembangunan daerah.

“Tabalong ini sangat heterogen (Masyarakat yang beragam, red), kolaborasi budaya disini menjadi suatu bukti bahwa heterogenitas itu kita jadikan sebagai kekuatan untuk membangun dan memajukan Tabalong”, tegas Anang.

Sementara Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tabalong, Abdul Halim mengungkapkan hingga saat ini sementara sudah ada 15 Kabupaten/kota di Indonesia luar Pulau Kalimantan yang bersedia mengikuti Nan Sarunai Tabalong Festival.

Abdul Halim menambahkan sebagai penanda Kick Off Nan Sarunai Tabalong Festival, pihaknya sudah menggelar Fashion Show Batik Tabalong di Duta Mall Banjarmasin.

“Untuk pra event Nan Sarunai Tabalong Festival selanjutnya kita akan melakukannya di Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru, dan Banjarbaru”, pungkasnya. (mer/din)